Mengenal 8 Jenis Risiko Perbankan Part 2 – Apa Saja Kaitan Manajemen Risiko dengan Prinsip TARIF


Tarif

Pelaksanaan manajemen risiko yang baik harus mengutamakan prinsip-prinsip good corporate governance. Seperti apa pendekatannya, utamanya dengan menggunakan prinsip TARIF?

Transparansi

Pengelolaan risiko haruslah transparan, karena dampak risiko tidak hanya pada satu unit saja, tetapi memiliki kemungkinan dapat meluas pada unit lainnya. Pengelolaan risiko haruslah bersifat inklusif dan transparan dengan melibatkan semua pihak yang terkait dengan risiko tersebut, baik dalam penanganan sumber risiko, maupun perlakuan terhadap dampak risiko;

Akuntabilitas

Harus terdapat akuntabilitas yang jelas dalam penerapan manajemen risiko dalam organisasi. Untuk seluruh perusahaan, akuntabilitas tertinggi penerapan manajemen risiko terletak pada Direksi dan akuntabilitas pengawasan penerapan manajemen risiko terletak pada Dewan Komisaris. Akan tetapi secara berjenjang, haruslah jelas akuntabilitas pengelolaan risiko pada tiap tingkatan, bahkan hingga ke tiap proses bisnis organisasi.

Responsibilitas

Penjabaran responsibilitas penerapan manajemen risiko ke jenjang yang lebih rendah memerlukan kejelasan terhadap uraian dari tanggung jawab tersebut. Dalam situasi ini, maka haruslah jelas tanggung jawab pengelolaan risiko pada masing-masing tingkatan, bahkan hingga ke pengelolaan risiko pada proses organisasi. Oleh karena itu setiap pemangku risiko (risk owner) haruslah paham tugas dan tanggung jawabnya terkait dengan pengelolaan risiko pada lingkup tugas dan kewenangannya.

Independensi

Hal ini adalah konsekuensi logis dari prinsip akuntabilitas dan responsibilitas, dimana unit atau individu yang dibebani dengan akuntabilitas dan responsibilitas untuk mengelola risiko yang masuk dalam lingkup tugas dan kewenangannya, haruslah diberi cukup kebebasan untuk merumuskan cara menangani risiko tersebut.

Fairness

Manajemen risiko haruslah diintegrasikan sepenuhnya ke dalam governance organisasi untuk lebih memberikan kepastian terhadap pencapaian sasaran organisasi. Ini karena manajemen yang efektif lebih memberikan jaminan terhadap pencapaian sasaran organisasi.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Leave a comment