Memudahkan Pemahaman Konsep Dengan Mind Mapping


Mind Mapping

Selain pelatihan mind power, saya juga mendapatkan pelatihan mind mapping yang diajarkan oleh Aries Heru Prasetyo. Secara harafiah sederhana mind mapping adalah bagaimana kita membuat sebuah pemataan dalam pemikiran kita, tentunya dalam memandang suatu permasalahan, suatu konsep atau bahkan sebuah kata.

Berbagai definisi yang lebih lengkapnya adalah Mind maping dapat diartikan sebagai proses memetakan pikiran untuk menghubungkan konsep-konsep permasalahan tertentu dari cabang-cabang sel saraf membentuk korelasi konsep menuju pada suatu pemahaman dan hasilnya dituangkan langsung di atas kertas dengan animasi yang disukai dan gampang dimengerti oleh pembuatnya. Sehingga tulisan yang dihasilkan merupakan gambaran langsung dari cara kerja koneksi-koneksi di dalam otak.

Mind mapping bermanfaat dalam semua kegiatan manusia, utamanya dalam kegiatan berpikir. Tidak hanya untuk kuliah semata, mind mapping pun bermanfaat dalam pekerjaan sehari-hari, misalnya dalam membuat presentasi kepada atasan dan kepada klien. Kenapa mind mapping bermanfaat? Karena pada prinsipnya otak kita lebih mudah mengingat bentuk-bentuk yang di visualisasikan ketimbang dalam bentuk verbal.

Dalam proses belajar, mind mapping jauh lebih unggul daripada sebuah catatan linear. Catatan linear atau menulis catatan biasa memerlukan waktu yang banyak untuk menulis kata-kata yang tidak memiliki hubungan sama sekali dengan apa yang ingin kita ingat. Waktu pun menjadi terbuang untuk membaca kembali kata-kata yang tidak perlu sama sekali tersebut dan juga untuk mencari kata pengingat. Dengan mind mapping, kita menjadi lebih mudah untuk melihat gambaran secara keseluruhan, dan melatih otak kita untuk mengatur susunan dalam sebuah konsep, mengingat kembali konsep yang telah kita susun, membandingkan antar variabel dalam susunan sebuah konsep, dan membuat hubungan antar variabel.

Mind mapping juga memudahkan otak kita untuk dapat memudahkan dalam menambah informasi baru, mempercepat dalam melakukan kaji ulang dan karena setiap mind mapping setiap orang pasti berbeda, minda mapping bersifat unik dan karenanya memudahkan untuk mengingat kembali.

Bagaimana cara melakukannya?

Pertama yang harus kita lakukan adalah membuat sebuah gambar atau kalimat yang menggambarkan topic atau tema utama, lalu menggunakan sejumlah kata kunci dan mengambil gagasan-gagasan utama yang ada dalam sebuah konsep yang kemudian di breakdown kembali menjadi sub gagasan-gagasan. Mind mapping bisa dilakukan secara struktural dan bisa juga dilakukan dengan menggunakan metode pembandingan (comparison). Dalam membuat sebuah mind mapping ada baiknya untuk membuat gambar, warna atau simbol sebanyak mungkin.

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Leave a comment