Cara Mempromosikan Video & Channel Youtube Anda Melalui Instagram dan Facebook Ads Part 1


Terkadang mempromosikan video dan channel youtube anda melalui sosial media bisa jadi mendatangkan hasil yang kurang diharapkan, karena memang sifatnya pasif. Postingan pribadi kita hanya bisa dilihat oleh akun instagram dan akun facebook yang menjadi network kita. Penggunaan hashtag pun dirasa tidak terlalu banyak membantu manakala kita harus bersaing pada hashtag yang digunakan oleh para content creator yang memiliki fanbased yang lebih besar. Ada salah satu cara yang dapat anda pergunakan untuk mendorong jumlah view ke video dan channel youtube anda yaitu dengan facebook ads dan instagram ads. Bagaimana caranya?

Pada dasarnya Instagram dan Facebook ads adalah mengiklankan video kita pada Instagram dan Facebook yang kemudian Instagram dan Facebook mendorong dan mempromosikan video kita pada orang-orang yang kita sasar sesuai dengan apa yang telah kita rencanakan sebelumnya. Facebook ads dan Instagram ads lazim digunakan oleh brand-brand ternama untuk menjual produk dan layanannya. Secara keseluruhan tujuan beriklan di Facebook dan Instagram ads adalah mendapatkan lebih banyak pesan, mendapatkan lebih banyak interaksi, mendapatkan lebih banyak pengunjung situs web, mendapatkan lebih banyak prospek, atau mendapatkan lebih banyak telepon.  

Facebook ads dan Instagram ads secara prinsip kurang lebih sama, mengingat bahwa Facebook telah mengakuisisi Instagram beberapa waktu lalu. Perbedaannya adalah, pada Facebook anda bisa sekaligus beriklan di Instagram, sedangkan di Instagram anda cuma bisa beriklan di instagram saja.

Berikut adalah penjelasan cara dan mekanisme beriklan di platform Facebook dengan menggunakan Facebook Ads

  1. Pilih Postingan Yang Ingin Anda Promosikan

Tentukan postingan mana di facebook yang ingin anda promosikan. Anda tinggal klik tombol promosikan postingan yang berwarna biru.

2. Pilih Tujuan Yang Anda Inginkan dan Aksi Apa Yang Anda Harapkan Dari Pengunjung Akun atau Page Facebook Anda

Ada banyak tujuan yang bisa anda pilih. Untuk para vlogger dan blogger, tujuan yang saya rekomendasikan adalah mendapatkan lebih banyak pengunjung web. Dalam postingan facebook anda, ada baiknya terlebih anda sudah menginsert link dari video dan channel youtube anda. Kemudian anda bisa memilih aksi yang diharapkan dari pengunung dengan memilih label tombol. Jika anda mau, anda pun bisa memilih caption dari iklan anda.

3. Pilih Pemirsa Yang Ingin Anda Tuju

Disini anda dapat memilih target sasaran anda atau orang yang akan diberikan iklan oleh facebook tentang postingan anda. Secara otomatis, Facebook sudah memberikan dua pilihan yaitu orang yang menyukai page anda dan juga bersama teman-teman dari orang yang menyukai page anda.

Anda pun dapat mengkustomisasi pilihan dari target pemirsa anda dengan menentukan nama pemirsa, menentukan jenis kelamin yang anda sasar (bisa pria dan wanita, atau secara khusus ditujukan kepada jenis kelamin tertentu sesuai dengan karakter dari video dan channel Youtube anda ataupun blog anda), usia, lokasi dan hobi dari target pemirsa anda. Settingan ini kemudian dapat anda save untuk memudahkan anda dalam memasang iklan di Facebook di kemudian hari.

4. Tentukan Durasi Iklan & Jumlah Anggaran Yang Diinginkan

Pilih durasi atau berapa lama anda ingin postingan anda diiklankan oleh Facebook berikut dengan total anggaran yang anda inginkan. Contoh gambar diatas adalah saya mengiklankan postingan saya selama 5 hari dengan total anggaran Rp100.000. Itu artinya saya hanya menghabiskan Rp20.000 untuk beriklan 1 hari di Facebook. Anda juga dapat menambah anggaran anda dengan mengklik tambahkan uang. Caranya cukup mudah dimana anda bisa memilih berbagai metode pembayaran yang tersedia.

5. Klik Promosikan Sekarang

Setelah anda menyelesaikan setiap langkah-langkah tadi, anda dapat mengklik tombol promosikan postingan sekarang dan akan muncul notifikasi dari Facebook seperti dibawah ini :

Berdasarkan pengalaman pribadi saya, memasang iklan di Facebook cukup efektif untuk mendongkrak view dari Video dan Channel Youtube. Bahkan, tak menutup kemungkinan juga dapat menambah subscriber channel Youtube anda.

Sebagai gambaran, hasil dari iklan postingan saya mendorong peningkatan view saya sebanyak 150 view dan view tersebut merupakan view yang organik dan bukan merupakan view yang dibeli ataupun hasil dari sub 4 sub.

Mempromosikan video dan channel youtube ataupun blog anda sangat diperlukan disaat persaingan di Youtube semakin tinggi. Apalagi algoritma Youtube cenderung memfavoritkan niche tertentu. Semua kesuksesan butuh pengorbanan termasuk mungkin investasi biaya diawal.

— 000 —

One thought on “Cara Mempromosikan Video & Channel Youtube Anda Melalui Instagram dan Facebook Ads Part 1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s