Cara Mempromosikan Video & Channel Youtube Anda Melalui Sosial Media


Berbagai cara bisa dilakukan untuk mempromosikan video dan channel youtube anda. Selain dengan sharing link video anda melalui whatsapp mesengger, anda juga bisa mempromosikan video dan channel Youtube anda melalui sosial media. Bagaimana caranya? Baca selengkapnya tulisan ini sampai selesai ya.

Ada beberapa cara mempromosikan video dan channel youtube anda melalui sosial media. Pertama adalah melalui postingan pribadi anda dan postingan di berbagai komunitas yang ada di sosial media. Postingan pribadi artinya memposting link video anda pada sosial media anda. Sedangkan postingan pada komunitas adalah memposting link video anda pada berbagai grup komunitas yang ada di sosial media. Masing-masing platform memiliki ciri khasnya masing-masing. Berikut adalah cara mempromosikan video pada berbagai platform.

Facebook.

Facebook merupakan salah satu media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk sharing link anda. Anda bisa memposting melalui akun facebook pribadi anda. Anda juga bisa membuat page khusus untuk Youtube Channel saya. Untuk Youtube Channel saya yaitu Rumah Roji, saya biasa mempromosikan melalui akun facebook pribadi saya yaitu Fakhrurroji Hasan, dan juga dua page facebook saya yaitu facebook page dengan nama Fakhrurroji Hasan dan facebook khusus untuk Rumah Roji.

Facebook page atas nama pribadi saya bertujuan untuk memposting seluruh link konten yang saya buat tidak hanya untuk youtube channel saya, tetapi juga untuk tulisan-tulisan saya di berbagai blog. Selain page khusus untuk Rumah Roji, saya juga memiliki page channel Youtube channel saya yang lain yaitu Apel Guede yang merupakan kolaborasi saya dengan youtuber yang lainnya.

Selain postingan di akun dan page pribadi, salah satu kelebihan dari Facebook yang bisa anda manfaatkan adalah berbagai grup komunitas yang bisa anda ikuti. Dalam mempromosikan video dan channel youtube anda di berbagai grup komunitas facebook ada baiknya untuk memilah terlebih dahulu grup komunitas mana yang anda ikuti sesuai dengan niche atau target sasaran dari video dan channel Youtube anda. Misalkan anda memiliki konten video dan channel youtube tentang otomotif, maka tidak mungkin anda memposting grup komunitas mengenai memasak. Selain itu tentu saja anda harus mematuhi setiap peraturan yang ada di dalam sebuah komunitas.

Twitter

Walaupun akhir-akhir ini, Twitter seperti terlihat kalah peminat dibandingkan dengan Facebook dan Instagram, memposting link video dan channel Youtube anda di Twitter ada baiknya untuk tetap dilakukan. Tujuannya lebih kepada membangun eksistensi anda di sosial media lainnya. Sama seperti Facebook, saya pun memiliki dua akun, satu akun twitter pribadi beralamat @RojiHasan dan akun twitter khusus untuk channel saya yaitu Rumah Roji.

Instagram

Instagram adalah media sosial paling kekinian dan memilih jumlah pengguna yang terus bertumbuh cenderung melampaui Twitter dan Facebook. Namun berbeda dengan Twitter dan Facebook, anda tidak bisa langsung memposting pada setiap postingan pada Instagram, karena memang Instagram tidak menyediakan backlink untuk postingan kecuali pada profil bio akun instagram anda.

Biasanya para youtuber memposting video teaser sepanjang 15 detik sampai dengan 1 menit dan membagikan link video dan channel youtube pada bio. Selain pada bio akun instagram anda, sharing link video dan channel youtube anda juga dapat dilakukan melalui instastory swipe up. Namun fasilitas ini hanya tersedia untuk akun instagram yang telah memiliki 10.000 followers saja.

Sosial Media Lain

Selain ketiga platform sosial media tadi, platform yang semakin berkembang adalah tik tok. Banyak youtuber yang memposting video teaser mirip seperti yang dilakukan di Instagram. Platform sosial media lain yang juga bisa dipertimbangkan adalah LinkedIn. Namun tentu saja konten yang disharing harus yang berhubungan dengan dunia kerja, sumber daya manusia dan pengembangan diri. LinkedIn karenanya cocok untuk mensharing video-video dari channel Youtube yang memiliki konten serius.

Mempromosikan video dan channel youtube anda ataupun juga blog anda melalui sosial media adalah salah satu cara yang paling mudah. Namun tentu saja hal ini baru akan efektif bila akun sosial media anda memiliki banyak followers. Bagaimana bila belum?

Konsep mempromosikan sosial media adalah terintegrasi antara satu platform sosial media dengan yang lain, dan dilakukan dengan simultan. Artinya, semua fokus promosi melalui sosial media harus diupayakan untuk menuju kepada mengklik link video anda. Jika hal ini belum dapat dilakukan, salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mempromosikan link anda melalui Insta ads dan Facebook Ads. Untuk Insta ads dan Facebook ads, nantikan penjelasannya dalam tulisan berikutnya ya.

— 000 —

One thought on “Cara Mempromosikan Video & Channel Youtube Anda Melalui Sosial Media

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s