Tentang Youtuber Bengong 2 Jam & Apa Yang Bisa Kita Pelajari Dari Sobat Miskin Official?


Beberapa waktu lalu di dunia maya, khususnya Youtube, seorang youtuber dengan nama channel Sobat Miskin Official sempat membuat kehebohan. Videonya yang berjudul “2 Jam Nggak Ngapa-Ngapain menjadi luar biasa viral dan menjadi perbincangan di sosial media dan juga menjadi pemberitaan di media massa mainstream. Videonya yang menampilkan dirinya benar-benar tidak melakukan apa-apa itu ditonton lebih dari dua juta kali dan mendapatkan perhatian internasional. Apa yang kemudian bisa kita pelajari dari sang Youtuber tersebut?

Unik dan Kreatif

Harus diakui video 2 Jam Nggak Ngapa-Ngapain benar-benar unik dan kreatif disaat Youtuber dijejali dengan daily vlog para artis, pod cast, prank video yang di buat Sobat Miskin Official menawarkan video yang total berbeda. Pandji Pragiwaksono, seorang content creator pernah mengeluarkan quote yang menarik yaitu sedikit beda lebih baik daripada sedikit lebih baik. Ini sebuah quote yang menarik di era persaingan yang ketat saat ini.

Kemasan Yang Konsisten

Yang menarik dari video Sobat Miskin Official adalah konsistensi antar apa yang ditampilkan oleh Sobat Miskin. Nama channel, settingan background benar-benar menampilkan pencitraan kemiskinan yang kuat. Hal ini dapat diartikan kepiawaian dari channel Sobat Miskin Official dalam menjual kemiskinannya kepada para penontonnya.

Sindiran Untuk Masyarakat?

Dalam deskripsi yang Sobat Miskin Official sampaikan bahwa dirinya meminta agar masyarakat lebih pandai dalam memfilter lagi mengenai manfaat atau tidak bermanfaatnya sebuah tontonan di media sosial. Video ini seolah menjadi sindiran kepada masyarakat kita yang lebih memilih tontonan yang disajikan diri ketimbang tontonan lainnya, terlepas dari bermanfaat atau tidaknya sebuah tontonan tentu kembali di mata masyarakat.

Follower Tidak Akan Mampu Mengalahkan Pionir

Kesuksesan Sobat Miskin Official yang menjadi viral membuat banyak orang tertarik untuk mengikutinya. Hal ini lazim untuk dilakukan. Istilahnya adalah ride the wave, atau mengikuti ombak dan terbawa sejauh mana Sobat Miskin Official melaju. Namun pastinya yang namanya follower tidak akan dapat mengalahkan pionir atau penggagas utama kalau tidak lebih baik ataupun memiliki perbedaan yang membuat orang lain tertarik.

Mematahkan Semua Teori Youtube

Video ini mematahkan semua teori Youtube dimana Youtube mengharapkan video yang menarik dengan settingan background yang enak dilihat, resolusi yang memadai, terkonsep dan terencana dengan baik. Apakah video yang dibuat Sobat Miskin itu memenuhi semua kriteria yang telah disebutkan diatas? Untuk video tersebut menarik sepertinya iya, walaupun memang masih dapat diperdebatkan, tapi fakta yang tak terbantahkan adalah video tersebut ditonton jutaan kali.

Ternyata Sobat Miskin Official Bukan Yang Pertama

Sobat Miskin Official ternyata bukanlah menjadi youtuber pertama yang membuat video diam dan tidak melakukan apa-apa di depan kamera selama berjam-jam. 5 tahun yang lalu Benjamin Bennet sudah pernah membuat video dengan konsep serupa dengan senyum selama 4 jam didepan kamera. Yang menjadi pertanyaan kemudian mengapa view sobat miskin official lebih banyak daripada Benjamin Bennet? Sederhana, jumlah penonton youtube 5 tahun lalu tentu belum sebanyak seperti saat ini dan netizen Indonesia lebih banyak.

Menjadi Youtuber itu sangat sulit

Sudah banyak yang mengatakan bahwa menjadi youtuber sulit dan kenyataan memang benar. Pengalaman pribadi saya sebagai seorang travel vlogger membuat saya mengamini siapapun yang mengatakan menjadi youtuber itu sulit. Sebelum viral karena video tersebut, Sobat Miskin ini sering membuat video yang dapat dikategorikan aneh dan bisa disebut sebagai mencari sensasi seperti makan tepung mentah, mie rebus kuah teh, spriter campur insto dan lain sebagainya. Apakah menjadi youtuber harus melakukan hal yang sensasional terlebih dahulu untuk menjadi viral?

One thought on “Tentang Youtuber Bengong 2 Jam & Apa Yang Bisa Kita Pelajari Dari Sobat Miskin Official?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s