Penyakit Kambuhan : Mulai Aktif Ngeblog Lagi


Aktif Ngeblog Lagi

Beberapa waktu belakangan, saya mulai aktif menulis blog lagi. Ini merupakan “penyakit” kambuhan saya, rajin nulis selama beberapa waktu, terus kemudian malas lagi, rajin lagi dan begitu seterusnya. Aktif menulis di blog lagi ini pun “ada udang dibalik batunya” yaitu untuk mempromosikan youtube channel saya yaitu Rumah Roji. Jadi video yang saya buat di Youtube channel saya tersebut saya buatkan tulisannya juga sekaligus saya letakkan linknya dengan harapan dapat membantu peningkatan view youtube channel saya. Celakanya, membuat video pun saya terkena juga penyakit kambuhan ini, jadi saya baru aktif ngvelog beberapa waktu lalu juga.

Ya, memang yang namanya manusia selalu di liputi oleh rasa jengah, malas dan lain sebagainya yang membuat kita menjadi tidak konsisten. Tapi satu hal yang saya pahami adalah hal tersebut seharusnya tidak menjadi alasan. Dulu bahkan saya pernah secara konsisten mampu menulis 1 artikel setiap harinya selama 100 hari ditengah berbagai kesibukan saya. Kenapa kemarin-kemarin tidak bisa ya?  Saya juga malah pernah membuat penghargaan untuk para blogger di tahun 2015 dan 2016.

Bismillah, sekarang saya mencoba untuk kembali aktif menulis di blog saya. Sempat down juga memang di awalnya, tulisan-tulisan yang baru saya tulis kemarin-kemarin tidak ada banyak yang membaca. Barangkali karena memang tidak berkala, ataupun saya kurang gencar mempromosikannya. Memang saya akui blog ini telah menjadi blog gado-gado yang sudah tidak jelas juntrungannya, tidak fokus niche atau target sasarannya, karena mungkin ya itu tadi, blog ini dijadikan sebagai alat dongkrak Youtube channel saya yang bertemakan traveling dan kuliner, tema yang awalnya lepas dari roh perspektif yang membahas berbagai hal yang sedang diperbincangkan dari berbagai perspektif atau sudut pandang.

Celakanya lagi, saat menulis di blog ini saya merasa kesepian karena blogger-blogger lama yang sebelumnya sering berkomunikasi lewat tulisan masing-masing kebanyakan sudah tidak aktif menulis. Barangkali mereka-mereka ini terserang penyakit kambuhan yang sama seperti saya, atau ada project-project lain. Saya pun menyempatkan diri untuk silaturahmi dan mampir kembali ke blog-blog mereka yang alhamdulillahnya, beberapa dari mereka masih ada yang aktif dan masih berkomunikasi lewat komentar-komentar di tulisan saya seperti ganganjanuar yang juga membuat youtube channelnya sendiri.

Lazione Budy juga menjadi salah satu blogger yang masih aktif menulis dan tetap jempolan dalam memberikan review bukunya. Ogie Urvil lewat blognya Halaman Guna-Guna tetap memberikan inspirasi yang menyejukkan. Nuel Andreas juga masih aktif menulis di blognya dan sepertinya sedang sibuk dengan project Berpizza Denganmu.

Noni Khairani yang sebelumnya saya ketahui sering menulis mengenai traveling sekarang juga mengembangkan diri dengan project podcastnya di berbagai platform. Senang rasanya mengetahui blogger-blogger kawan lama saya masih ada yang tetap aktif menulis dan mengembangkan dirinya dengan menjamah platform lain.

Perkenankan saya mengucapkan kembali assalamualaikum kepada kawan-kawan lama saya yang masih aktif menulis di blognya masing-masing dan juga kepada para pembaca blog ini.

— ooo —

3 thoughts on “Penyakit Kambuhan : Mulai Aktif Ngeblog Lagi

  1. Kalau jumlah like bisa bikin tambah semangat, bisa coba share di wall Facebook mas.. Dulu pernah ada teman FB yang request, kalo postingan blog saya dicopy paste saja di wall FB, jadi tanpa perlu klik link, tulisan sudah bisa dibaca di wall FB.. Eh, bener, ternyata banyak yang ngelike di situ..

    Like

  2. Wah makasih udah bantu promoin youtube saya 😁🙏🙏

    Permasalahan kita relatif sama, konsistensi hahaha.

    Saya pun lagi nyoba buat aktif blog lagi nih, yang kadang tujuannya buat promoin youtube juga haha

    Yok ah konsisten ngeblog ngevlognya 🤘

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s