7 Alasan dan Motivasi Menjadi Travel Vlogger


Jalan jalan bersama keluarga adalah salah satu kegiatan yang menyenangkan. Selain untuk refreshing, jalan-jalan bersama keluarga juga memberikan kesan dan kenangan yang tak terlupakan. Salah satu kegiatan yang acapkali dilakukan saat jalan-jalan bersama keluarga adalah mendokumentasikan perjalanan tersebut, baik lewat foto ataupun lewat video. Ada yang mendokumentasikan untuk keperluan pribadi saja, ada juga yang mencari penghasilan dengan menjadi travel vlogger. Dengan semakin baiknya teknologi video dan banyaknya aplikasi edit video, semakin banyak orang bisa menjadi pembuat video. Apa saja alasan dan motivasi menjadi seorang travel vlogger?

Mencari Uang

Mencari uang tentu menjadi salah satu (jika bukan yang terutama) bagi para youtuber, tak terkecuali para travel vlogger. Selagi mengajak jalan-jalan bersama keluarga, kenapa tidak juga dijadikan kesempatan untuk menghasilkan uang. Salah satu caranya adalah dengan menjadi seorang travel vlogger. Banyak konten mengenai traveling yang dibuat seperti review tempat wisata terbaru yang sedang trending, review kuliner sekitar tempat wisata, ataupun review hotel. Jika channelnya banyak diminati orang, tak menutup kemungkinan banyak pelaku di industri pariwisata yang akan meminta review. Banyak potensi sumber penghasilan yang bisa didapat dari seorang travel vlogger, diantaranya dari adsense iklan di youtube channel ataupun promosi berbayar dari tempat kuliner ataupun hotel misalnya.

Bertemu Orang Asing Yang Luar Biasa

Mencari uang tentu sebaiknya bukan menjadi satu-satunya motivasi dalam menjadi seorang travel vlogger. Kesempatan bertemu dengan orang yang asing yang menawarkan beragam cerita yang luar biasa tentu menawarkan daya tarik tersendiri menjadi seorang travel vlogger ketika mengeksplorasi tempat wisata yang dituju.

Kekayaan Budaya dan Adat Istiadat Indonesia

Indonesia memiliki banyak budaya dan adat istiadat yang menarik untuk di eksplorasi oleh seorang travel vlogger. Dengan menjadi seorang travel vlogger kita bisa mengeksplorasi kekayaan budaya dan adat istiadat di daerah setempat yang kita kunjungi sehingga wawasan kita dapat bertambah. Menjadi seorang travel vlogger bisa memungkinkan kita berbagi cerita yang menarik yang terkadang terlewatkan begitu saja kalau kita jalan-jalan dengan cara yang biasa.

Keindahan Alam Indonesia

Selain kekayaan budaya dan adat istiadatnya, tentunya kita sudah sama-sama mengetahui bahwa Indonesia di karuniai dengan keindahan alam yang luar biasa indahnya. Liburan atau jalan-jalan ke berbagai daerah di Indonesia adalah sebuah pengalaman yang tak kalah serunya dan menyenangkannya dibandingkan dengan jalan-jalan ke luar negeri. Berwisata di luar negeri ataupun dalam negeri tentu menjadi hak dan pilihan dari masing-masing orang. Tapi tentunya alangkah menyenangkannya jika kita bisa menikmati keindahan alam Indonesia.

Mempromosikan Tempat Wisata di Indonesia

Dengan menjadi travel vlogger kita bisa membantu mempromosikan tempat wisata di Indonesia. Apalagi tidak semua tempat wisata di Indonesia itu populer di mata turis domestik ataupun internasional. Semakin banyak daerah-daerah sebelum Covid-19 yang berbenah diri untuk meningkatkan potensi pendapatan daerahnya melalui berbagai tempat wisata. Setelah pandemi Covid-19 marilah kita mengunjungi kembali tempat wisata dengan tetap mengikuti  protokol kesehatan.

Berkontribusi Terhadap Perekonomian Indonesia

Dengan mempromosikan tempat wisata di Indonesia, secara tidak langsung kita turut mendukung perekonomian sebuah daerah yang kita kunjungi, dan juga pada akhirnya perekonomian Indonesia. Mempromosikan tempat wisata di Indonesia, berarti juga mendukung kehidupan orang-orang yang mengandalkan kehidupannya pada tempat wisata, termasuk juga para pedagang yang berjualan di sekitar lokasi sebuah tempat wisata yang sebagian besar tentu saja merupakan pelaku UMKM. Anda juga mendukung pengembangan UMKM di Indonesia.

Dokumentasi Kehidupan

Pada akhirnya menjadi seorang travel vlogger merupakan sebuah kegiatan pendokumentasian perjalanan wisata bersama keluarga. Sebuah kegiatan yang nantinya bisa dilihat kembali bersama keluarga ataupun anak-anak kita nantinya setelah mereka besar ataupun setelah kita tiada.

Pada akhirnya mendokumentasikan kegiatan perjalanan wisata merupakan sebuah kegiatan pribadi. Setiap orang tentu bebas melakukan atau tidak melakukannya. Ada yang bahkan memilih mengabadikan perjalanan wisata bersama keluarga lewat kenangan dalam pikiran saja dengan alasan mungkin ingin menikmati momen bersama keluarga dan tidak diganggu oleh apapun, termasuk kamera. Bagaimana dengan anda?

— 000 —

2 thoughts on “7 Alasan dan Motivasi Menjadi Travel Vlogger

  1. Mengupload kegiatan keluarga ke youtube itu kaya gk berarti apa-apa, tapi pas diliat lagi beberapa tahun kedepan, berasa terharu, terutama liat pertumbuhan anak. 😁👍

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s