7 Tips Aman Dine In (Makan di Tempat) Tempat Makan Bebas Khawatir Covid-19


Pengalaman kuliner sebelum dan sesudah adanya pandemi Covid-19 pastinya terasa sangat jauh berbeda. Jika sebelumnya kita bisa menikmati kuliner bersama keluarga ataupun sahabat tanpa adanya berbagai batasan, sekarang kita merasakan pengalaman kuliner yang jauh berbeda dengan berbagai adanya protokol kesehatan yang kesemuanya demi menjaga kita terlindung dari Covid-19. Apa saja tips makan di restoran atau tempat makan tanpa harus khawatir terkena Covid-19?

Mengingat bahwa pandemi Covid-19 diperkirakan masih akan terus berlangsung, dan walaupun nantinya PSBB akan selesai, besar kemungkinan restoran atau tempat makan yang memiliki concern tinggi terhadap keselamatan dan kesehatan karyawan dan para pelanggannya masih akan menerapkan berbagai protokol kesehatan. Apalagi Pemerintah sudah memberikan kelonggaran untuk restoran dan tempat makan dibuka dan melayani pengunjung untuk makan di tempat Selama kita tetap disiplin dan mematuhi berbagai protokol kesehatan, dan tetap waspada, insyaallah aman untuk kita dan pengunjung lainnya.

Pada prinsipnya, tips pertama makan di tempat makan atau restoran dengan kebebasan untuk khawatir dari Covid-19 adalah kita harus memastikan bahwa diri kita sedang berada dalam kondisi yang sehat pada saat keluar rumah untuk menuju ke tempat makan,  Ya sebenarnya untuk tujuan apapun, pada saat kita keluar rumah kita harus memastikan diri kita berada dalam kondisi yang sehat dan jika sedang sakit ataupun merasa kurang sehat, hendaknya tidak memaksakan diri.

Yang kedua, adalah selalu mengenakan masker saat berada di luar rumah. Ini merupakan hal yang wajib untuk menghindari diri kita tertular atau menularkan virus karena kita tidak pernah tahu apakah kita membawa virus atau tidak. Menggunakan masker bukan cuma bertujuan untuk melindungi diri kita dan orang lain, tetapi juga menunjukkan rasa hormat dan kepedulian kita terhadap lingkungan sekitar.

Yang ketiga adalah memilih tempat makan yang memang berkomitmen menerapkan protokol kesehatan seperti mewajibkan kita untuk memeriksa suhu tubuh sebelum masuk kedalam ruangan, para pekerja di restoran tersebut mengenakan masker ataupun faceshield lebih baik dan lain sebagainya. Bagaimana dengan warung tendaan ataupun tempat makan pinggir jalan, yang mungkin tidak bisa menyediakan alat pemeriksa suhu atau thermo gun. Pilihan kembali kepada diri anda, jika anda percaya bahwa makan ditempat tersebut aman, ya silahkan saja. Namun ada baiknya anda tetap waspada, dan sebaiknya memillih untuk membeli makanan untuk dibawa pulang atau take away saja.

Yang keempat adalah jangan memaksakan diri untuk tetap makan ditempat bika tempat makan atau restoran yang dituju sudah penuh atau melebihi kapasitas. Ini berlaku bukan cuma untuk tempat makan saja sebenarnya, tetapi juga berlaku untuk tempat publik yang anda datangi. Daripada mengambil risiko ditengah keramaian, ada baiknya anda mengurungi niat anda untuk makan diluar.

Yang kelima, selalu patuhi protokol kesehatan yang diwajibkan oleh tempat makan atau restoran seperti memeriksa suhu, mengunakan hand sanitizer ataupun sabun untuk cuci tangan sebelum makan. Menerapkan physical distancing saat makan ditempat, kecuali kalau sedang makan bersama keluarga.

Yang keenam, hindari menyentuh perabotan di tempat makan atau restoran yang tidak perlu kecuali pada saat makan. Ada restoran yang tidak lagi menyediakan peralatan makan seperti piring ataupun sendok alumunium, tetapi menggantinya dengan kemasan box dan sendok plastik sekali pakai seperti saat kita sedang take away.

Yang ketujuh, pilih restoran atau tempat makan yang menggunakan sistem pembayaran secara non tunai. Lebih favorable lagi jika menggunakan QR Code.  Walaupun Bank Indonesia dan industri perbankan menjamin bahwa uang yang mereka edarkan bersifat aman karena sudah mengalami protokol kesehatan, namun tidak ada yang menjamin tingkat keamanannya setelah beredar diluar ditengah-tengah masyarakat.

Dengan melaksanakan beberapa langkah tersebut, semoga kita semua selalu diberikan perlindunganNya dan terhindar dari paparan virus Covid-19 yang berbahaya.

— 000 —

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s