7 Hari Menakjubkan Bersama Keluarga di Pulau Dewata Part 8


DCIM100MEDIADJI_0930.JPG

Hari terakhir liburan keluarga kami di Bali, lebih banyak dihabiskan disekitaran Pantai Kuta dan belanja di Discovery Shopping Mall. Memulai hari dengan mereview cokelat dan permen yang Khansa dan Kalayya pilih di Candylicious Bali. Kalau ini memang kakak Khansa yang merequest.  Videonya bisa dilihat di youtube channel saya yaitu Rumah Roji.

Setelah itu kami sekeluarga pergi mencari sarapan di sekitar pantai Kuta, kami sekeluarga berjalan kaki dari hotel hingga ke Discovery Shopping Mall. Sayangnya belum ada restoran yang buka di pagi hari. Restoran yang ada di sekitar Pantai Kuta kebanyakan memang buka pukul 10.00 WIB. Menunggu restoran buka, saya dan istri saya Tika pun mengajak kedua putri kami menyusuri pantai Kuta sembari untuk kali terakhir di liburan ini menikmati pemandangan dan udara laut dan merasakan pasir di kaki kami.

DCIM100MEDIADJI_0945.JPG

Sayangnya pemandangan yang sama saya temui di Pantai Nusa Dua, kembali saya temukan di Pantai Kuta. Betapa sedihnya saya melihat pasir putih yang indah dicemari oleh sampah-sampah plastik yang berserakan disana. Meskipun demikian, saya pun tidak menyalahkan mereka yang membuang sampah-sampah plastik tersebut, karena memang tempat sampah sangat sulit ditemui di Pantai Kuta. Masukan saya untuk pemerintah Bali adalah mohon disediakan tempat sampah sebanyak mungkin agar tidak ada alasan lagi bagi pengunjung Pantai Kuta untuk membuang sampah sembarangan.

Selepas menikmati pemandangan pantai, kami sekeluarga menikmati sarapan pagi yang terlambat di Coco Bistro, yang ternyata satu grup dengan Tropical International Restaurant yang pernah kami kunjungi di Bali Collection. Menunya kurang lebih menu Asia dan western. Untuk ukuran rasa, jangan ditanya, karena sepertinya Tropical grup itu makanannya enak-enak rasanya. Pemandangan laut lagi-lagi menjadi nuansa kami melakukan sarapan.

Setelah melakukan sarapan, kami pun meluangkan waktu sejenak untuk melihat-lihat outlet-outlet yang ada di Discovery Shopping Mall Bali. Salah satunya adalah Bali Tees, brand lokal yang menyediakan t-shirt yang keren-keren dengan design yang menarik. Bali Tees juga menyediakan aksesoris, dan tas. Selain di Discovery Shopping Mall, Bali Tees juga dapat anda temui di beberapa tempat di Bali seperti Bali Beachwalk Mall, Seminyak dan berbagai tempat lainnya. Dengan membeli produk Bali Tees, anda turut menyumbang 1 persen dari harga produk yang anda beli untuk Bali Fresh Water Protection Project.

Usai puas sarapan yang terlambat dan berkeliling Bali Discovery Shopping Mall, kami sekeluarga pun kembali ke hotel Aryaduta Kuta untuk melakukan check out dan bergegas menuju Bandara Internasional Ngurah Rai, Denpasar. Sembari menunggu pesawat kami berangkat, kami pun masih menyempatkan diri untuk melihat sekeliling Bandara Internasional Ngurah Rai Denpasar yang pemandangannya sudah lebih mirip mall ketimbang Bandara. Tentu saja hal ini merupakan upaya Angkasa Pura II dalam menjadikan bandara-bandara di Indonesia menjadi tempat yang memberikan kenyamanan kepada para pengguna jasanya.

Alhamdulillah, kami pun selamat kembali ke Jakarta dengan menyisakan kenangan yang berkesan bagi saya pribadi dan istri saya. Semoga kedua putri saya mengalami pengalaman berkesan yang bukan cuma memberikan kesenangan semata, tetapi pembelajaran, seberapa sedikit dan sekecil apapun itu. Liburan ke Bali bersama keluarga dimata saya, bukan cuma tentang kesenangan semata. Di Bali, saya bukan cuma mendapatkan kesenangan, tetapi tentang keindahan alam yang harus kita lestarikan. Tentang kreativitas masyarakat Bali. Tentang bagaimana asimilasi antara berbagai budaya dari belahan dunia dengan budaya dan adat istiadat asli Bali. Tentang keseimbangan antara warganya dengan alam, lingkungan hidup, budaya, adat istiadat dan agama.

— 000 —

Part 1

Part 2

Part 3

Part 4

Part 5

Part 6

Part 7

 

7 thoughts on “7 Hari Menakjubkan Bersama Keluarga di Pulau Dewata Part 8

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s