Berinteraksi Langsung Dengan Berbagai Burung di Bali Bird Park


 

Salah satu tempat wisata ketika saya traveling ke Bali adalah Bali Bird Park yang merupakan salah satu taman burung terbesar di Indonesia. Bali Bird Park berada di Desa Singapadu, Gianyar Bali. Ditempat wisata ramah keluarga ini anda bisa melihat lebih dari 1,000 burung dari 250 spesies burung yang berasal dari berbagai daerah nusantara dan mancanegara. Bali Bird Park menjadi tempat wisata wajib yang harus anda kunjungi jika berada di Bali.  

Dari Denpasar, jaraknya cukup dekat yaitu sekitar 13 kilometer. Anda dapat tiba di Bali Bird Park setelah perjalanan kira-kira selama 45 menit dari kota Denpasar. Untuk mencapai kesana, kebetulan saya menyewa mobil berikut dengan supirnya supaya tidak tersesat dijalan. Jika anda kesana dengan kendaraan pribadi, saya menyarankan anda untuk datang pagi hari, karena area parkirnya tidak terlalu luas.

Saran saya yang lain jika anda pergi bersama keluarga apalagi membawa anak kecil atau bayi, jangan lupa membawa stroller, sun block karena cuaca Bali memang cukup panas dan lotion anti nyamuk karena tempatnya cukup rindang. Bali Bird Park memiliki koleksi tanaman palem dan tanaman tropis lainnya yang mengelilingi taman burung ini. Untuk anda yang membawa bayi ataupun mengajak orang tua yang kebetulan sudah menggunakan kursi roda, jangan khawatir karena tempat ini ramah untuk stroller ataupun kursi roda.

Harga tiket masuk untuk wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara tentu saja berbeda. Saya tidak tahu apakah ada pembedaan tarif untuk hari biasa ataupun akhir pekan. Ketika saya datang bersama keluarga pada akhir pekan, harga tiketnya adalah Rp150.000 untuk dewasa dan Rp75.000 untuk anak-anak berusia 2 tahun sampai dengan 12 tahun. Untuk anak-anak berusia dibawah 2 tahun, tidak harus membayar atau gratis. Sedangkan untuk wisatawan mancanegara adalah Rp385.000 untuk dewasa dan Rp192.500 untuk anak-anak.  Anda juga dapat membooking tiketnya langsung dari website Bali Bird Park.

Kakatua

Yang istimewa dari Bali Bird Park, adalah anda bisa melihat secara langsung dan berinteraksi dengan berbagai jenis koleksi burung-burung yang cantik dan juga beberapa unggas lainnya di lingkungan hidup yang tertata dengan baik. Oh ya, anda juga bisa melihat langsung berbagai reptil seperti ular dan komodo. Selain itu anda juga bisa memberi makan burung, menyaksikan pertunjukan burung dan menonton film di Avian Theatre bioskop 4D. Di Bali Bird Park juga terdapat tempat penangkaran burung bahkan anda bisa melihat proses bertelurnya burung. Kesemuanya bisa anda lakukan tanpa harus merogoh kocek lagi karena seluruh aktivitas tersebut sudah termasuk kedalam harga tiket yang anda bayarkan diawal.

IMG_0047

Bali Bird Park memiliki koleksi satwa burung yang terbilang cukup banyak yaitu sekitar 250 spesies dari berbagai belahan dunia. Bali Bird Park mengelompokkan berbagai koleksi satwa burungnya menjadi beberapa area yaitu Afrika selatan, Amerika Selatan, Sumatera, Jawa, Papua, Kalimantan dan tentu saja pulau Bali.

Di area Afrika Selatan anda bisa menyaksikan secara langsung Kakak Tua Abu-Abu, dan juga burung Flamingo. Di area Amerika Selatan anda bisa menyaksikan secara lagsung burung beo terbesar di dunia yaitu Scarlet Macaw dan Hyacinth Macaw. Di area Sumatera anda bisa melihat burung hantu dengan telinganya yang besar dan cakar yang kuat. Di area Jawa anda bisa melihat burung Pipit Jawa, Elang Jawa dan berbagai burung khas Jawa lainnya. Di area Kalimantan, ada burung Merpati Nicobar, Great Argus Pheasant, Crested Serpent Eagle dan koleksi burung dari Kalimantan lainnya.  Di area Papua anda bisa menyaksikan burung Kasuari burung dan berbagai koleksi burung lainnya. Untuk di area Bali, anda tentu saja bisa menyaksikan burung Jalak Bali. Sekedar informasi, burung Jalak Bali merupakan salah satu satwa burung langka didunia yang terancam punah dan saat ini sedang digalakkan program konservasinya.

Selain melihat dan berinteraksi dengan berbagai burung, pengunjung bisa berfoto ria dengan burung kakatua. Untuk berfoto anda dapat meminta petugas yang anda untuk memfoto anda dan keluarga dengan menggunakan kamera ataupun smartphone anda. Petugas juga akan memfoto anda dan anda bisa mengambil cetakan foto tersebut di loket khusus. Untuk ini, anda harus mengeluarkan biaya tambahan minimal diatas Rp100.000. Bukan hanya dalam bentuk foto saja, bahkan hasil foto tersebut bisa dijadikan sebagai magnet untuk anda tempel dikulkas ataupun bentuk suvenir lainnya. Anda pun dapat mengunduh softcopy dari hasil foto anda di my-snapps.com. Untuk mengunduh dari situs tersebut, anda harus melakukan registrasi terlebih dahulu jika anda belum memiliki akun pada my snapps. Foto yang anda pilih baru akan tersedia 24 jam setelah dan harus di download maksimal 14 hari setelahnya.

IMG_0041

Ada beberapa atraksi menarik seperti memberi makan burung Pelikan, burung Lori dan berbagai burung lainnya. Ada juga Bird Show dimana burung-burung tersebut disuruh terbang, menangkap makanan di udara, atau mencarinya di rumput. Sayang, karena waktu tidak memungkinkan saya bersama keluarga tidak berkesempatan untuk menyaksikan pertunjukan burung tersebut. Anda juga bisa menyaksikan film 4D di Avian Theatre. Karena anda berada di Bali Bird Park, tentu saja film yang disuguhkan kepada anda adalah film-film yang bertemakan tentang burung. Avian Theatre dapat anda kunjungi setiap saat mulai diatas jam 10.00 WITA hingga jam tutupnya Bali Bird Park. Tidak lupa, di Bali Bird Park juga tersedia beberapa restoran dan cafee dibeberapa titik.

IMG_20190609_102852

Pada intinya, Bali Bird Park merupakan tempat wisata edukasi yang menyenangkan dan ramah untuk keluarga. Sembari bersenang-senang anda bisa mengajak keluarga anda terutama anak-anak anda untuk mengenal dan berinteraksi langsung dengan berbagai satwa burung yang ada di Indonesia dan belahan dunia lainnya.

— 000 —

One thought on “Berinteraksi Langsung Dengan Berbagai Burung di Bali Bird Park

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s