Memandang #AksiSuperDamai #212 Dari Berbagai Perspektif


212

Pada hari Jumat tanggal 2 Desember 2016 bersama-sama kita telah menyaksikan sebuah peristiwa yang sangat menakjubkan. Lebih dari 7 juta orang berkumpul bersama untuk berdoa dan shalat Jumat. Aksi yang populer dengan sebutan #212 tersebut benar-benar membuat kita terkesima. Sesuai dengan namanya, #AksiSuperDamai #212 benar-benar berjalan dengan damai, tertib dan aman. Menariknya #AksiSuperDamai #212 bukan hanya bisa dilihat dari perspektif keagamaan semata. Bagaimana #AksiSuperDamai #212 dari berbagai perspektif?

Politik

Tudingan awal bahwa aksi #212 (dan juga sebelumnya #411) dipenuhi dengan muatan politik, termasuk diantaranya menguntungkan pihak tertentu terkait Pilkada DKI Jakarta. Bahkan hingga ketingkat paling ekstrem, ada tuduhan kepada sejumlah orang tertentu untuk melakukan perbuatan makar. Benar atau tidak, tentu bukan pada tempatnya tulisan ini untuk mengomentari. Apalagi tudingan bahwa #AksiSuperDamai #212 ditunggangi kepentingan politik seperti untuk Pilkada DKI Jakarta dan politik nasional sama sekali tidak terbukti. Tapi barangkali, #AksiSuperDamai #212 telah memberikan pelajaran politik berharga yakni harus diakui bahwa negara mampu memberikan perlindungan untuk kebebasan berserikat atau berkumpul dan berpendapat. Aksi #212 juga telah mengajarkan kita untuk menyampaikan pendapat dengan cara yang baik dan benar, serta bermartabat. Ini adalah pelajaran politik paling berharga.

Citra Indonesia di Mata Dunia

Aksi damai #212 (sebenarnya #411 juga) telah mengangkat harkat dan martabat Indonesia di mata dunia sebagai negara demokrasi yang harmonis dan rukun. Dilansir dari pemberitaan di Sindonews.com Kepala Hubungan Luar Negeri Uni Eropa (UE), Federica Mogherini menyatakan, pihaknya ingin belajar pluralisme dari Indonesia. Kehidupan masyarakat Indonesia yang berdampingan dan harmonis antar agama dan etnis harus menjadi contoh bagi UE yang multi etnis. Indonesia juga telah menjadi contoh yang baik akan kelembutan Islam yang sesungguhnya. Aksi damai #212 nampaknya memperkuat pernyataan Grand Syekh Al-Azhar Prof Dr Syekh Ahmad Muhammad Ahmad Ath-Thayyeb pada bulan Februari 2016 yang lalu dimana ia menyatakan “Indonesia juga telah menjadikan Islam sebagai agama untuk membangun kehidupan dunia dan mencapai kebahagiaan ukhrawi, bahkan merupakan agama kemanusiaan secara universal”.

Pemberitaan mengenai #AksiSuperDamai #212 telah diberitakan di berbagai negara dan tentu saja ini adalah promosi yang luar biasa akan negara Indonesia yang tetap mampu menjaga keamanan walaupun terjadi kumpulan masa sedemikian luar biasa hebat jumlahnya. Tidak ada ketegangan sama sekali dalam #AksiSuperDamai #212 tersebut. Terlepas dari adanya himbauan untuk berhati-hati (travel advice) yang dikeluarkan oleh sejumlah negara, namun kekhawatiran tersebut sama sekali tidak terbukti.

Ekonomi

Lazimnya, aksi demonstrasi dalam bentuk apapun yang melibatkan jumlah massal, apalagi sampai melibatkan isu yang sensitif, akan berdampak pada ekonomi suatu negara. #AksiSuperDamai #212 malah sebaliknya. Rupiah pada hari Jumat, 2 Desember 2016 sore malah menguat. Tidak cuma dilihat dari sisi nilai tukar Rupiah terhadap Dollar, tetapi Indeks Saham Harga Gabungan juga menguat. Yang mengagumkan bahwa di hari Jumat tersebut Rupiah menjadi mata uang yang mengalami penguatan paling besar dibandingkan sejumlah mata uang di Asia. Pasar keuangan Indonesia secara keseluruhan mendapatkan dorongan yang positif dari aksi #212 yang berjalan damai tersebut.

Jadi dilihat dari perspektif apapun, #AksiSuperDamai #212 membawa banyak sekali manfaat bagi kehidupan berbangsa dan bernegara. Mendidik dari segi penyampaian aspirasi warga negara, mengangkat citra Indonesia di mata dunia, dan menguntungkan secara ekonomi. Selanjutnya #AksiSuperDamai #212 ini perlu dipelihara dalam perspektif hukum, yakni penegakan hukum yang adil.

Advertisements

4 thoughts on “Memandang #AksiSuperDamai #212 Dari Berbagai Perspektif

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s