Melawan Framing Media Barat Terhadap Islam Dengan Citizen Journalism


aksi-super-damai-212-640x330

Sudah terlalu gerah kita melihat bagaimana media barat terus mempersepsikan Islam sebagai agama yang mengajarkan kekerasan. Tulisan Herri Cahyadi yang dimuat di Republika Online yang berjudul Framing Media Barat Terhadap Aksi Damai 212, karenanya sangat menarik untuk disimak. Yang paling mengesalkan adalah bahwa Islam yang terus disorot adalah kekerasannya terus.

Dalam tulisan tersebut Herri Cahyadi menyebutkan beberapa stereotyping media barat dalam melakukan “pelintiran” terhadap Islam dan pembentukan persepsi negatif seperti anarkis, radikal, dan intoleran. Padahal kita tahu bahwa Islam adalah ajaran yang mengedepankan perdamaian. Tegas tapi tetap santun. Seperti apa yang dicontohkan dalam #AksiSuperDamai #212 yang dilangsungkan pada hari Jumat, 2 Desember 2016 kemarin.

Bagaimana cara melawannya? Saya setuju dengan Herri Cahyadi untuk melawan dengan citizen journalism. Pasalnya disaat kekuasaan media barat sudah terlalu kuat untuk membentuk opini, kita hanya bisa melawan dengan citizen journalism, melalui sosial media yang kita miliki. Ini adalah momentum kita untuk menggunakan sosial media kita untuk menyebarkan pesan kebaikan, bahwa sejatinya Islam adalah kebaikan, bukan kekerasan.

#AksiSuperDamai #212 adalah momentum positif untuk membangun pencitraan nyata mengenai kebaikan dan kelembutan Islam. Yang dilakukan oleh masyarakat, khususnya mereka yang terlibat dalam #AksiSuperDamai tersebut sudah sangatlah tepat. Saat tulisan ini dibuat, di sosial media instagram tagar #212 muncul sebanyak 345.148 post, tagar #aksisuperdamai muncul sebanyak 16.713 post, tagar #aksisuperdamai212 muncul sebanyak 24.458 post, tagar #aksibelaislam muncul sebanyak 49.612 post.

Supaya lebih tepat lagi, aksi super damai #212 itu tidak perlu diperbanding-bandingkan dengan aksi-aksi lainnya, karena memang #212 kelasnya sudah tidak mungkin ditandingi oleh kegiatan lainnya. Begitu banyak hal positif yang terjadi pada hari Jumat tanggal 2 Desember 2016 tersebut. Jangan merendahkan level #212 dengan kegiatan lain yang muncul sebagai tandingan. Cukuplah kita mengenang bahwa pada hari Jumat, tanggal 2 Desember 2016 telah terjadi peristiwa berkumpulnya lebih dari 7 juta manusia yang berdoa untuk Islam, AlQuran dan Indonesia.

Perbanyak cerita-cerita positif yang benar-benar terjadi pada saat #AksiSuperDamai #212 seperti cerita tukang donat yang malah kebagian rejeki disaat memberikan donat gratis untuk peserta #AksiSuperDamai #212 dan berbagi cerita positif lainnya mengenai Islam. Kalau perlu dengan bahasa Inggris, supaya masyarakat dunia bisa mengetahui dan menyaksikan kelembutan dan sisi positif Islam.

Sosial media yang anda miliki adalah kesempatan anda untuk beribadah. Salah satunya adalah dengan cara mempromosikan nilai-nilai kebaikan yang terkandung dalam Islam. Mulailah share yang positif mengenai Islam.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s