Bangsa Yang Hebat Adalah Bangsa Yang Menghargai Karya Warganya Sendiri


Kontingen Indonesia

Seragam kontingen Indonesia pada ajang olimpiade 2016 ramai diperbincangkan. Baik dunia internasional ataupun lokal, media mainstream atau sosial media ikut membahas dan mengomentari. Ironisnya, kala dunia internasional memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap kreativitas sebuah karya anak bangsa, ada segelintir orang di Indonesia yang mendadak menjadi ahli fashion dan ramai-ramai menghujatnya. Inikah potret asli dari wajah Indonesia?


Dalam pandangan saya pribadi, harus saya akui bahwa saya tidak mengetahui tolok ukur dari sebuah karya fashion yang bagus atau tidak. Paling mudah adalah dengan menggunakan indikator apakah karya fashion itu sedap dipandang atau tidak. Lagi-lagi standar orang pastilah berbeda. Jadi saya sepenuhnya menghargai apapun pendapat anda. Mau mengatakan seragam Indonesia itu bagus atau tidak, pilihan ada di mulut anda dan juga tangan anda sekiranya anda ingin mengomentari via sosial media yang amda miliki.

Satu hal yang pasti, saya sangat mengapresiasi tujuan luhur dari pembuatan seragam tersebut yang menonjolkan corak budaya Indonesia. Bagus atau tidaknya, saya tidak berkompeten untuk menilainya. Tapi setidaknya tujuan mulianya patutlah untuk dihargai. Melalui seragam yang menonjolkan corak budaya Indonesia, pemerintah dan juga sang designer mungkin ingin mempromosikan Indonesia dan ternyata langkah itu berhasil! Bagaimana dengan anda yag menghinanya, apakah anda punya karya yang membanggakan Indonesia di luar sana? Jika belum, sebaiknya anda eling dan mawas diri sembari introspeksi diri. Jika sudah, maka selamat untuk anda, dan saran saya janganlah takabur dan sombong.

Seingat saya juga, dalam berbagai kesempatan ajang olahraga multinasional, Indonesia selalu berupaya menampilkan elemen sentuhan budaya dalam setiap seragamnya. Cara ini, sangat jarang dilakukan oleh negara-negara lain. Negara lain, khususnya negara modern, paling maksimal hanya menonjolkan elemen-elemen dari benderanya. Karenanya, seragam Indonesia acapkali mendapatkan apresiasi dari negara-negara lain. Dan ini merupakan cerminan kita sebagai negara yang bangga terhadap budaya kita sendiri.

Mungkin kasusnya agak sedikit berbeda dengan logo dan maskot Asian Games 2018 mendatang yang dianggap kurang kreatif. Saya kira, hampir sebagian besar masyarakat mengkritiknya. Kritik tentu bagus, karena mendorong adanya perbaikan. Dan benar saja, segera setelah diperbaiki, logo dan maskot Asian Games 2018 menjadi lebih baik dan mendapatkan apresiasi dari banyak pihak. Menyampaikan kritik yang membangun adalah hal yang dibutuhkan bangsa ini. Bukan kritik yang mengejek dan menjatuhkan moral. Semoga ini menjadi pembelajaran untuk kita semua.

Selain itu perlu untuk saya ingatkan bahwa seragam resmi Indonesia pada ajang resmi yang ditujukan sebagai bentuk representatif negara dapat dikatakan sebagai lambang negara. Menghina seragam resmi Indonesia pada ajang Olimpiade 2016 karenanya dapat dipandang sebagai bentuk penghinaan terhadap lambang negara. Hal itu bukanlah hal bijaksana untuk dilakukan. Terlebih lagi, marilah kita memfokuskan untuk mendukung atlit Indonesia pada ajang Olimpiade 2016 dan bukannya malah menghina karya salah satu dari anak bangsa.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

4 thoughts on “Bangsa Yang Hebat Adalah Bangsa Yang Menghargai Karya Warganya Sendiri

  1. Wah saya belum baca artikel tentang pro kontra seragam. Tapi masalah sebenarnya orang indonesia itu suka mengatakan hal-hal negatif. Kecintaan terhadap indonesia sendiri mulai luntur. Jadi cenderung tidak bisa menghargai apapun tentang Indonesia.

    Like

    1. Setuju bung Shiq4, mentalitas selalu merasa paling benar sendiri, sudah menjadi kronis di bangsa kita ini. Mudah-mudahan kita tidak termasuk kedalam orang-orang seperti itu. Kita saling mengingatkan.

      Liked by 1 person

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s