Seperti Apa Tampilan Homescreen Mobilephone Anda?


​

Saya pernah membaca salah satu artikel yang mengulas mengenai tampilan homescreen mobilephone dari sejumlah CEO terkemuka didunia. Artikel tersebut menyebutkan bahwa CEO-CEO tersebut memiliki satu hal yang serupa, yakni tampilan homescreen pada mobilephone mereka sangatlah sederhana dan praktis. Alasannya adalah untuk meningkatkan efisiensi waktu. Bagi saya, hal sederhana ini sangatlah luar biasa. CEO terkemuka didunia saja memikirkan hal sederhana yang dapat meningkatkan efektivitas mereka dan hal sederhana itu dapat dimulai dari menyederhanakan tampilan homescreem mereka.
Terinspirasi oleh hal tersebur, saya mulai melakukan hal yang sama terhadap mobilephone saya. 

Homescreen saya cuma terdiri dari 5 . layer fungsi-fungsi utama dan aplikasi-aplikasi. Pada tingkatan pertama atau paling atas, adalah google dimana saya bisa langsung mengetik apa yang saya ingin browsing. Langkah ini menurut saya menghemat waktu saya daripada saya menaruh ikon google search dan kemudian menunggu masuk ke google search dan baru mengetik apa yang ingin saya browsing.

Layer kedua dibawahnya adalah tampilan waktu dan cuaca. Hal ini membuat saya lebih mudah dalam melihat waktu karena tampilannya yang lebih besar dan lebih eye catchy. 

Layer ketiga dibawahnya adalah aplikasi audio yang memungkinkan saya langsung memainkan lagu-lagu yang ingin saya dengarkan. Hal ini hampir serupa dengan layer google search di paling atas. Saya tidak perlu menunggu audio terbuka dulu baru memilih lagu apa yang ingin saya dengarkan.

Setelahnya, adalah layer 4 yang hanya menampilkan aplikasi-aplikasi yang paling sering saya pergunakan saja. Paling kiri adalah Go-Jek karena memang dibandingkan aplikasi transportasi lain sejenisnya, Go-Jek adalah yang paling sering saya pergunakan. Setelahnya adalah aplikasi GMail dan aplikasi Docs to go. Kedua aplikasi ini berkaitan dengan pekerjaan. GMail tentu saja adalah karena saya sering buka email dan Docs To Go memudahkan saya untuk melakukan drafting korespondensi terkait dengan pekerjaan. Setelah itu ada folder yang berisikan 4 aplikasi sosial media yang sering saya pergunakan yaitu Instagram, LinkedIn, Path dan Twitter. WordPress saya pergunakan untuk drafting blog saya.

Dipaling bawah adalah fungsi dasar mobilephone yakni telepon, sms, foto dan kamera. Ada juga whatsapp sebagai satu-satunya aplikasi instant messenger yang saya pergunakan. Ikon setting adalah untuk mengakses setting jika saja ada yang tidak sesuai dari mobilephone saya. Yang terakhir adalah ikon apps yang memungkinkan saya untuk mengakses aplikasi lain.

Pengaturan homescreen saya ini memungkinkan saya untuk mengakses aplikasi atau fungsi dasar hanya sekali saja dan juga memfokuskan saya hanya pada yang terpenting saja. Alhasil semua yang saya lakukan terkait dengan handphone saya menjadi lebih cepat dan waktu saya menjadi lebih efektif.

7 thoughts on “Seperti Apa Tampilan Homescreen Mobilephone Anda?

  1. selama ini kurang memperhatikan screen hp ku,
    ternyata berpengaruh juga terhadap performance hp ya.
    Kira-kira aplikasi apa saja yang harus terbuka ya, jadi tidak harus login log out?
    terima kasih

    Like

    1. Pada dasarnya aplikasi yang sering kita pergunakan saja. Jumlahnya yang tentunya harus dibatasi. Pada prinsipnya, menurut saya aplikasi yang harus terbuka misalnya whatsapp karena untuk berkomunikasi dan beberapa sosial media seperti facebook, instagram dan twitter.
      Masing-masing orang tentu memiliki kebutuhan yang berbeda-beda.

      Like

  2. Yap betul bgt, apalagi pelaku IT selalu berlomba-lomba menciptakan cara/proses tercepat dan terefisien. Dan menurut gue sama seperti saat dikelas, gue selalu pede bilang kalo iphone masih terbaik.

    Karena cuma doi yg paling efisien, tanpa homescreen, mereka cuma punya dua tahap. Tempel jari > langsung cuss ke halaman utama. πŸ™‚

    Like

Leave a Reply

