Pokemon Go : Manfaat Atau Mudharat?


Larangan Pokemon Go

Kebijakan sejumlah pemerintah daerah untuk melarang para pegawai negeri sipil untuk bermain Pokemon Go menandakan adanya kekhawatiran terhadap permainan berbasis augmented reality ini. Sejumlah instansi pemerintahan dan bahkan Istana Negara sudah mengeluarkan larangan untuk bermain (mencari dan menangkap Pokemon) Pokemon Go didalam areal instansi pemerintahan dan istana.  Pandangan terhadap Pokemon Go terpecah belah menjadi dua. Sebagian sangat mendukung, mengunduh dan memainkannya (walaupun masih dalam versi APK). Sebagian lagi sangat menentangnya. Pokemon Go : manfaat atau mudharat?

Sebenarnya ada begitu banyak manfaat yang bisa didapatkan saat memainkan Pokemon Go. Manfaat utamanya tentu saja adalah perasaan yang menyenangkan, sebagaimana layaknya kita bermain apapun. Manfaat lainnya adalah mendorong kita untuk berolahraga. Selain itu Pokemon Go membuat anda bersosialisasi dengan orang lain disekitarnya. Semuanya adalah manfaat yang menurut saya sangat baik untuk kesehatan, baik secara fisik ataupun mental.

Yang juga patut dikedepankan adalah bagaimana Pokemon Go membius kita dengan kemajuan teknologi yang mungkin saja akan menjadi cikal bakal teknologi di masa depan dan tak menutup kemungkinan menjadi platform game-game di masa depan.

Selain memberikan manfaat, Pokemon Go juga dianggap menimbulkan masalah. Adanya sejumlah orang yang mengalami kecelakaan dan juga menimbulkan kecelakaan lalu lintas, merupakan salah satu fakta bahwa Pokemon Go bisa jadi membawa bencana bagi mereka yang memainkannya. Atau tengok juga, apa yang dilakukan oleh Romain Pierre yang nekat menerobos markas kodim di Cirebon hanya untuk bermain Pokemon Go. Teknologi augmented reality dan geolocation menyebabkan adanya kekhawatiran terancamnya keamanan terhadap data-data rahasia negara dan instansi pemerintahan.

Lantas, bagaimana menyikapi permainan Pokemon Go ini? Dengan segala manfaat yang bisa kita dapatkan, tentu sangatlah positif untuk bermain Pokemon Go. Namun jelas adalah sebuah hal yang sangat bodoh untuk memainkan Pokemon Go sembari menyetir ataupun menyebrang jalan. Sangat-sangat dianjurkan bagi anda untuk tidak memainkankan di area-area pemerintahan, karena besar kemungkinan  anda akan mendapatkan banyak masalah. Selain itu sangatlah bijak bagi anda untuk tidak memainkannya pada saat jam kerja.

Baik dan buruknya bermain Pokemon Go adalah hal-hal yang sudah seharusnya anda sadari. Profesionalitas (jika anda seorang pekerja) dan juga keselamatan pribadi dan juga orang-orang yang berada disekeliling anda adalah hal-hal yang patut anda kedepankan. Anda sudah dewasa, jadi bermainlah yang sewajarnya.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

2 thoughts on “Pokemon Go : Manfaat Atau Mudharat?

  1. Kalo dimainkan dengan bijak yang ga papa. Tapi yang namanya game, apalagi klo dimainkan bersama-sama biasanya bisa kecanduan. Pokoknya harus tahu waktu aja buat main. Kan ini teknologi baru, jadi pasti banyak peminatnya.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s