Liburan : Direncanakan Atau Spontanitas?


Liburan

Mengambil waktu sejenak untuk liburan, baik sendiri ataupun bersama keluarga tentu sangat menyenangkan untuk dilakukan. Namun tentu saja, liburan dalam jangka waktu yang cukup lama (lebih dari 2 hari) membutuhkan biaya dan persiapan-siapan. Ada yang menganggap proses liburan sebagai proses yang spontan, ada yang juga mempersiapkan dengan sangat detail dan seksama. Anda pilih yang mana?

Spontan

Saya sendiri lebih cenderung mendukung pendapat bahwa liburan adalah proses yang spontan, karena merencanakan terlalu detail, akan “membunuh” segala kesenangan yang seharusnya ada dalam proses liburan. Saya lebih menganggap bahwa yang namanya liburan, apalagi liburan keluar kota adalah sebuah proses ekspedisi (petualangan) dan eksplorasi (pencarian).

Saya sendiri menjalani liburan hanya karena ada sahabat saya yang akan menikah di Bandung, dan saya pikir, kenapa tidak saya ajak keluarga saya sekalian dan berlibur selama beberapa hari disana. Tidak ada perencanaan yang matang mau pergi kemana saja selama di Bandung. Pun tidak ada ketetapan awal mau berapa lama di Bandung, sehingga akhirnya saya harus ekstend pemesanan kamar hotel hingga dua kali, hanya karena saya dan keluarga masih ingin di Bandung.

Persiapan Matang

Ada juga yang menganggap liburan adalah sebuah proses kegiatan yang perlu direncanakan dengan sematang-matangnya dan sedetail mungkin. Yang tentu perlu dipersiapkan sebelum liburan, tentu saja adalah akomodasi dan biaya. Bahkan ada yang sampai menyiapkan itenary atau detail perjalanan yang akan dilakukan dan tempat yang akan dikunjungi selama proses liburan. Lebih gila lagi, bahkan ada yang sampai mempelajari rute perjalanan dan mencari rute tersingkat. Ada juga yang sampai menentukan jangka waktu di masing-masing tempat yang akan dikunjungi. Saya seperti merasa sedang menjalani sebuah pekerjaan kalau mengalami liburan semodel ini.

Tapi sebenarnya, harus saya akui bahwa memiliki persiapan matang dalam menjalani kegiatan liburan, tidak ada salahnya juga. Persiapan matang akan meminimalisir tingkat kekecewaan kalau semisalnya ada tempat yang gagal kita kunjungi hanya karena tidak tahu kapan waktu operasional dari tempat itu. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat dalam meningkatkan kualitas liburan.

Mungkin dalam menjalani kegiatan liburan, kombinasi dari spontanitas dan persiapan adalah metode yang terbaik. Dalam arti ada beberapa pedoman-pedoman yang mungkin perlu kita persiapkan seperti daftar tempat-tempat yang mau kita kunjungi dan waktu operasionalnya, rute-rute jalan agar kita tidak mudah tersesat dan lain sebagainya.

Saya pribadi punya beberapa guidelines dalam melakukan liburan, yakni lebih memilih liburan pada hari kerja, karena tidak ingin terjebak kemacetan sabtu dan minggu disebuah tempat.

Pada intinya liburan adalah tentang refreshing dan mencari suasana baru. Lakukan apa yang anda anggap perlu untuk meningkatkan kualitas liburan anda. Apalagi jika anda liburan bersama keluarga. Bukankah anda ingin menyenangkan seluruh anggota keluarga anda? Bagaimana dengan anda? Be Spontaneus or The Detailed Evil?

 

6 thoughts on “Liburan : Direncanakan Atau Spontanitas?

  1. Setuju, saya juga lebih suka liburan dengan spontanitas, apabila direncanakan tapi tidak sesuai dengan ekspetasi ( apalagi tinggi 😀 ) bisa kecewa, kaduhung. hihi 😀

    Like

  2. Saya pribadi lebih suka spontanitas. Kalau direncanakan malah kurang seru atau bahkan batal.

    Sesegera mungkin booking tempat istirahat, bila menginap. Setelah itu baru cari tau rute perjalanan dan segala objek wisata yang ingin dikunjungi. Tapi enggak harus terlalu detail juga sih … 🙂

    Like

    1. Satu paham nih kita. Liburan yang direncanakan kok malah ngurangin rasa serunya ya. Mas Darwin boleh disharing dong pengalamannya terkait spontanitas liburan dan keseruan apa yang didapatkan dari spontanitas tersebut?

      Like

Leave a Reply

