Video Klip Up & Up Coldplay dan Tentang Kreativitas Sebuah Karya


Cold Play - Up & Up

Gara-gara membaca tulisan Nuel Andreas yang berjudul Setangkup Cerita Tentang “Coldplay Up&Up”, saya tergerak melihat video klip tersebut dan sama seperti Nuel Andreas, saya sangat mengagumi keindahan dan kreativitas yang luar biasa ditampilkan dalam video klip tersebut. Bahkan saya tidak berhenti memutar dan memutar terus video klip tersebut via Youtube. Video tersebut sangat tidak biasa, sangat kreatif dan out of the box, dan secara ajaib sangat-sangat sesuai dengan melodi lagu tersebut. Cadas!

Coldplay - Turtle In Subway

Video tersebut dimulai dengan sebuah kura-kura yang melayang disebuah stasiun subway diiringi penampakan dua kereta subway yang sedang melaju. Persepsi kita langsung terarahkan seolah-olah bahwa subway tersebut berada didalam laut karena adanya kura-kura. Tidak hanya itu, ada banyak tampilan-tampilan yang sangat membuka dan memperluas paradigma kita, serta tak henti-hentinya mengundang diri ini untuk memuji dan memuji dan terus memuji kreativitas yang disajikan dalam video klip tersebut. Baru kali ini saya lebih menyukai video klip lebih dari lagunya itu sendiri. Jangan salah paham, lagu Up & Up adalah lagu yang sangat baik, tapi video klipnya teramat sangat kelewat sempurna.

Coldplay - Horse Boat

Tampilan-tampilan yang dipertontonkan dalam video tersebut sangat mendobrak batas-batas nalar dalam konteks yang sangat positif dan bahkan sangat-sangat tidak terduga. Entah dengan cara montase dua gambar yang menggambarkan realita yang sangat kontras dan jauh bertolak belakang, entah dengan pengaburan perspektif yang sangat jenius dan subliminal.

Coldplay memang dikenal sebagai band yang kadang menampilkan hal-hal tidak lazim dalam videonya dan terkadang aneh seperti yang mereka tampilkan dalam video Adventure of A Lifetime dimana band tersebut mempersonifikasikan diri mereka dengan monyet. Pikiran usil berkata, bahwa tidak apa sesekali menyamakan diri sebagai monyet. Itukah maksud mereka? Entahlah.

Coldplay - Car Racing

Kembali kepada video tersebut, tampilan kontras yang sangat jenial dan tak terbayangkan, begitu sangat banyak ditampilkan dalam video tersebut seperti diantaranya spon cuci piring yang menjadi lapangan sepakbola, adu mobil balap melaju dalam lintasan cincin planet Jupiter, seseorang sedang menunggang sebuah kapal selam, atau bermain ski di sebuah bantal, dua anak kecil yang berlari dengan latar belakang pemandangan planet, ataupun dua anak kecil yang berjalan sembari dikelilingi oleh sekumpulan ikan atau yang paling cadas menurut saya adalah seorang anak kecil yang melihat diatas jembatan Golden Gate. Maksud saya, darimana mereka mendapatkan ide sebrilian itu?

Coldplay - Golden Gate

Apakah tampilan-tampilan tersebut memiliki arti, atau menjadi simbol dari sebuah pesan yang ingin disampaikan? Apakah tampilan-tampilan yang ada dalam video tersebut menjadi sindiran dari berbagai kondisi yang sosial yang pernah, dan sedang terjadi di dunia ini? Entahlah. Satu hal yang pasti, bagi saya pribadi video klip tersebut benar-benar tidak hanya memanjakan mata secara visual, tetapi juga memanjakan dan memancing kreativitas.

Advertisements

4 thoughts on “Video Klip Up & Up Coldplay dan Tentang Kreativitas Sebuah Karya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s