Membedah Kesebelasan Sepakbola Eropa Dengan Business Model Canvas part 2


Arsenal away fans. Blackburn Rovers 4:3 Arsenal. Barclays Premier LeagueIndustri sepakbola di Eropa telah berkembang pesat, melebihi benua lain. Kesebelasan-kesebelasan sepakbola yang berada didalam industri tersebut telah menjadi rujukan model bagaimana sebuah kesebelasan sepakbola dikelola. Mulai dari pembinaan pemain usia muda, sampai kepada aktivitas komersial tingkat dunia. Kenapa Industri sepakbola Eropa begitu mendunia? Kenapa sebagian besar kesebelasan sepakbola Eropa begitu makmur? Lebih penting lagi, bagaimana cara kesebelasan sepakbola di Eropa melakukannya?

Key Activities

Key activities merupakan aktivitas-aktivitas yang dilakukan oleh sebuah kesebelasan sepakbola dalam mewujudkan value propositionnya dengan memanfaatkan sumber daya yang dimilikinya. Aktivitas utama yang dilakukan oleh kesebelasan sepakbola pertama tentu saja adalah bermain sepakbola dengan tujuan untuk memenangkan banyak piala atau menampilkan permainan sebaik mungkin. Selain itu dengan semakin majunya industri sepakbola, maka kesebelasan sepakbola di Eropa sudah semakin mengarah kepada melakukan kegiatan aktivitas bisnis layaknya dunia korporasi seperti menjual produk (merchandise). Ketiga, jangan lupakan bahwa kesebelasan sepakbola juga melakukan kegiatan mengembangkan dan membina pemain muda untuk kemudian dijual ketika harga jualnya mahal karena diminati oleh kesebelasan sepakbola yang lebih besar lagi.

Key Resources

Key resources adalah sumber daya utama yang dimiliki oleh perusahaan untuk dapat melakukan key activitiesnya dan menghasilkan uang. Dalam kesebelasan sepakbola, sumber daya yang paling utama adalah sama seperti korporasi bisnis, pertama yang dibutuhkan adalah modal.   Kesebelasan sepakbola di Eropa seperti Manchester City dan Chelsea adalah contoh paling ampuh bahwa modal dapat menjadi leveraging factor (faktor pengungkit) yang sangat mumpuni untuk mendorong pertumbuhan bisnis. Kita tahu bahwa Chelsea dan Manchester City benar-benar memanfaatkan tambahan modal dari pemilik barunya ketika baru datang untuk membeli pemain, melakukan pembenahan infrastruktur seperti tempat latihan dan juga stadiunnya.

Key resources yang lainnya adalah pemain yang berkualitas, pelatih yang handal, dan tim manajemen yang kompeten. Aset-aset fisik seperti stadiun, dan juga tempat latihan adalah beberapa key resources lainnya. Bahkan hubungan yang baik dengan agen pemain juga dapat dikategorikan sebagai key resources.

Key Partners

Key Partners adalah mitra utama bagi kesebelasan sepakbola dalam melakukan key activitiesnya. Dalam kesebelasan sepakbola, yang dapat dikategorikan sebagai key partners adalah para sponsor, agen dan asosiasi pemain, para supplier, dan juga pihak penyelenggara liga serta stasiun televisi yang menyiarkan pertandingan.

Cost Structure

Cost structure adalah segala macam biaya yang diperlukan dalam melaksanakan key activities. Dalam kesebelasan sepakbola, biaya-biaya tersebut meliputi biaya pembelian pemain, biaya gaji, biaya penyelenggaraan pertandingan, biaya-biaya yang diperlukan untuk maintenance asset seperti stadium dan tempat latihan, serta berbagai macam biaya-biaya lainnya,

Revenue Stream

Revenue stream adalah sumber penghasilan dari sebuah kesebelasan sepakbola. Apa saja? Pertama adalah pemasukan dari tiket pertandingan, kedua adalah dari hasil penjualan merchandise, ketiga dari hasil penjualan pemain. Pendapatan lain bisa bersumber dari hak siar dan juga hadiah dari kompetisi. Bahkan kesebelasan sepakbola yang sudah punya brand yang kuat bisa mendapatkan pemasukan dari pelepasan hak komersial kepada pihak lain seperti penggunaan logo kesebelasan oleh perusahaan lain.

Dengan mengetahui model bisnis secara terperinci, sebuah kesebelasan sepakbola dapat mengetahui segala macam kekuatan dan peluang yang dimilikinya untuk bisa mendatangkan pemasukan. Apa yang telah berhasil dilakukan oleh kesebelasan sepakbola di Eropa bisa menjadi pembelajaran berharga yang dapat dimanfaatkan oleh kesebelasan sepakbola di Indonesia.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Membedah Kesebelasan Sepakbola Eropa Dengan Business Model Canvas part 2

  1. Klo diaplikasikan ke sepak bola indonesia masih jauh sekali dari harapan pak. Sepertinya indonesia belum siap dari banyak segi. Paling tidak harus bisa berdiri sendiri tanpa menggunakan anggaran pemerintah daerah.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s