Identitas Super Hero. Dirahasiakan Atau Dikendalikan?


Captain America Ironman

Yang menjadi salah satu dari titik utama penyebab Captain America dan Iron Man adalah mengenai identitas dari super hero. Setelah sejumlah kejadian yang terjadi di Marvel Cinematic Universe, Pemerintah menekankan pada pentingnya mengendalikan super hero. Salah satu caranya adalah dengan memiliki identitas dari masing-masing super hero. Langkah pemerintah ini mendapatkan tentangan dari Captain America, namun mendapatkan dukungan dari IronMan. Lantas, mana yang lebih tepat dalam menanggapi rencana pemerintah mengelola identitas semua superhero? Dirahasiakan atau dikendalikan?

Untuk yang menginginkan agar identitas dari superhero tetap menjadi rahasia yang tak tersentuh dan tak terakses oleh siapapun, maka barangkali yang bisa dikedepankan adalah lebih kepada aspek keamanan dan keselamatan orang-orang yang berada disekeliling mereka. Dengan adanya database dari superhero, maka nyawa semua superhero bisa jadi terancam. Bagaimana jika database tersebut di hack dan dibongkar kepada para penjahat dan supervillain? Atau malah, jangan-jangan, supervillain tersebut sudah menyusup ke pemerintah dan rencana untuk menciptakan database superhero ini merupakan plot jahat untuk mengetahui keberadaan semua superhero untuk kemudian dicari dan dihabisi satu persatu?

Baca : Dibalik Kerennya Topeng dan Kostum Superhero

Bagi yang menginginkan identitas super hero terekam dalam sebuah database barangkali adalah karena memandang superhero bukanlah sebagai seorang superhero, tetapi sebagai seorang vigilante. Apakah para superhero itu benar-benar berjuang untuk menegakkan keadilan untuk masyarakat? Ataukah mereka sebenarnya hanya memperjuangkan keadilan untuk diri mereka sendiri? Keadilan yang tak pernah mereka dapatkan sehingga mereka main hakim sendiri?

Baca : Memandang Superhero Sebagai Vigilante

Tapi yang cukup mengherankan adalah apa motivasi dari Tony Stark mendukung upaya pemerintah untuk membuat database superhero? Pasalnya kita tahu, bahwa Tony Stark pernah kena getahnya sendiri karena menyampaikan identitas dirinya sebagai Ironman. Aksinya tersebut nyaris menewaskan dirinya dan kekasihnya. Seharusnya dengan pengalaman seperti itu, Tony Stark merahasiakan identitas superhero.

Ataukah mungkin, dengan merujuk karakteristik Tony Stark sebagai seorang pengusaha, dengan mengungkapkan dirinya kepada dunia sebagai Ironman, secara tidak langsung Tony Stark sedang mempromosikan kehebatan Stark Industries dalam mempromosikan senjata. Kemungkinan lainnya, dengan mengetahui super hero lainnya, Tony Stark bisa menjadi supplier untuk super hero lainnya? Ataukah pengalaman buruknya saat menciptakan Ultron, menjadi pembelajaran berharga bagi dirinya, sehingga “senjata” dalam bentuk kemampuan super hero, haruslah dikendalikan.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s