Memandang Reklamasi Dari Berbagai Perspektif


Reklamasi

Reklamasi yang tengah diupayakan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, ternyata menuai sejumlah kontroversi. Dimulai dari permasalahan perizinan yang ternyata berbenturan dengan Pemerintah Pusat, hingga kepada hilangnya penghasilan nelayan diwilayah-wilayah yang dilakukan reklamasinya. Selain itu isu politik dan isu adanya dugaan korupsi menjadikan reklamasi menjadi isu paling “seksi” saat ini. Bagaimana kemudian memandang reklamasi dalam berbagai perspektif.

Lingkungan

Aspek lingkungan tentunya merupakan hal yang paling berdampak terhadap adanya reklamasi. Dilansir dari artikel blog Perencanaan Kota Indonesia yang berjudul Manfaat dan Dampak Reklamasi Pantai. Dampak negatif dari adanya reklamasi adalah daerah pantai lainnya menjadi rawan tenggelam, atau setidaknya air asin laut naik ke daratan sehingga tanaman banyak yang mati, musnahnya tempat hidup hewan dan tumbuhan pantai sehingga keseimbangan alam menjadi terganggu serta adanya pencemaran laut akibat kegiatan di area reklamasi dapat menyebabkan ikan mati sehingga nelayan kehilangan lapangan pekerjaan.

Dampak positif dari reklamasi pantai dilihat dari aspek lingkungan adalah  ada tambahan daratan buatan hasil pengurugan pantai sehingga dapat dimanfaatkan untuk bermacam kebutuhan, daerah yang dilakukan reklamasi menjadi aman terhadap erosi karena konstruksi pengaman sudah disiapkan sekuat mungkin untuk dapat menahan gempuran ombak laut serta  daerah yang ketinggiannya dibawah permukaan air laut bisa aman terhadap banjir apabila dibuat tembok penahan air laut di sepanjang pantai.

Ekonomi

Utamanya, potensi ekonomi dari adanya reklamasi ini merupakan sasaran utama yang ingin dicapai. Bertambahnya pulau baru merupakan potensi ekonomi yang besar untuk kegiatan bisnis, dan utamanya adalah pariwisata. Dubai, Qatar adalah contoh yang bisa dikedepankan dalam melakukan reklamasi. Hotel baru mendatangkan jumlah pengunjung dari dalam dan luar kota, dengan berbagai industri pendukung lainnya. Selain itu reklamasi juga akan membutuhkan banyak tenaga kerja.

Baca lebih lengkap mengenai manfaat ekonomi dari reklamasi di TheBusinessPerspective

Sosial Budaya

Reklamasi pantai juga dapat dilihat dari aspek sosial budaya, dimana reklamasi pantai dalam pelaksanaan awalnya bisa menimbulkan polemik seperti saat ini. Blog Perencanaan Kota Indonesia mengungkapkan beberapa diantaranya adalah kemungkinan terjadinya pelanggaran HAM (dalam pembebasan tanah), perubahan kebudayaan, konflik masyarakat, dan isolasi masyarakat. Belum lagi hak masyarakat untuk dapat menikmati akses kepada pantai secara gratis.

Secara keseluruhan reklamasi pantai, bila dilakukan secara terencana dan tersistematis dengan mengikuti berbagai peraturan yang mengaturnya, tentu akan berdampak positif untuk pertumbuhan ekonomi suatu wilayah.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s