Bukan Hanya Sekedar Nilai


Students Graduating

Motivasi orang untuk mengambil pendidikan magister atau gelar S2 dari masing-masing orang tentu berbeda-beda. Ada yang sebagai prasyarat untuk naik jabatan di perusahaan tempatnya bekerja. Ada yang untuk mencari peluang yang lebih baik ditempat lain nantinya. Bahkan ada yang “sekedar” untuk menambah wawasan ataupun untuk memperluas networking. Tujuan apa yang lebih baik?

Apapun tujuan tersebut tentu adalah hal yang baik untuk senantiasa mengupgrade diri. Karena pada dasarnya begini, dulu menjadi sarjana (S1) disaat pekerja dengan pendidikan SMA masi banyak, gelar S1 adalah keunggulan anda (order winner). Namun kini disaat S1 telah menjadi persyaratan mutlak (order qualifier) maka S2 adalah order winner yang baru. Bahkan seiring semakin banyaknya orang yang mengambil gelar S2, lambat laun S2 adalah order qualifier.

Tapi gelar akademis pun bukan menjadi satu-satunya syarat untuk anda bisa memenangkan persaingan didunia kerja atau dunia bisnis. Pengalaman kerja dan karakter juga menjadi faktor yang patut diperhitungkan. Seorang pekerja yang memiliki latar belakang akademis dengan nilai bagus tapi pengalaman kurang bisa jadi membuat seorang pekerja kaya teori tapi miskin fleksibilitas. Nilai bagus tapi kurang kuat karakternya bisa jadi akan membuat karyawan kurang matang dan egois karena hanya mementingkan pencapaian diri sendiri.

Nilai bagus saya percaya adalah hal yang penting. Asalkan diiringi dengan pemahaman konsep yang baik, bukan hanya cuma sekedar hafalan teori. Disatu sisi lainnya saya juga tidak percaya bahwa mahasiswa nilai A hanya akan menjadi anak buah dari mahasiwa nilai C. Banyak bos-bos besar dari perusahaan besar memiliki nilai akademis yang bagus. Saya percaya bahwa pencapaian nilai yang bagus selama dicapai bersama-sama akan meningkatkan kematangan seseorang dalam bekerjasama dengan orang lain.

Karena itulah saya percaya bahwa mencapai gelar akademis dengan nilai yang bagus bukan menjadi satu-satunya hal penting yang ingin saya capai. Tapi saya memanfaatkan kesempatan mengambil gelar akademis di Magister Manajemen PPM Manajemen untuk juga memperkaya ilmu pengetahuan saya, memperkuat insting bisnis saya. Disaat yang bersamaan, saya juga ingin membangun networking yang kuat.

Manfaat dari mengambil kuliah lagi sembari kerja juga baik untuk pengembangan karakter. Kita tahu bahwa dunia kampus dan dunia kerja adalah dua dunia yang acapkali sering berbenturan. Tugas kuliah tidak akan pernah memahami deadline pekerjaan, dan begitu juga sebaliknya. Karena itu kuliah sambil bekerja akan melatih anda untuk meningkatkan kemampuan time management, menentukan skala prioritas, melatih anda untuk membuat orang lain memahami anda dan sebaliknya, melatih kesabaran dan emosi, melatih kemampuan anda dalam memimpin dan lain sebagainya.

Jadi, saran saya kuliahlah untuk mengambil manfaat apapun yang anda inginkan selama itu positif. Bangunlah kompetensi anda, perluaslah networking anda. Tapi lakukanlah bersama-sama dengan teman-teman kuliah anda. Siapa tahu teman kuliah andalah yang akan menolong anda nanti saat anda mengalami stagnansi karir ataupun buntu dalam usaha. Kejar nilai setinggi mungkin. Koleksi nilai A sebanyak mungkin. Satu yang harus anda ingat, A adalah hak semua orang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s