Mengenali Potensi Diri Ala Mowgli


Diangkat dari novel Rudyard Kipling, film Jungle Book yang baru saja tayang di Indonesia benar-benar menyuguhkan cerita inspiratif yang sarat dengan pesan yang positif. Salah satunya adalah mengenali potensi diri untuk memaksimalkan prestasi.

Jungle Book mengisahkan tentang Mowgli, seorang anak kecil yang dipelihara oleh sekumpulan serigala ditengah hutan rimba. Hutan tersebut dikuasai oleh seekor harimau bernama Shere Khan, penguasa lalim yang menginginkan Mowgli mati. Sekumpulan serigala itu sudah menganggap Mowgli sebagai anak sendiri dan melindungi Mowgli dari Shere Khan. Ketika akhirnya Mowgli sudah dewasa, sesuai perjanjian kawanan serigala harus menyerahkan Mowgli kepada Shere Khan.

Tapi pada akhirnya kawanan serigala tidak menyerahkan Mowgli kepada Shere Khan. Mowgli yang sukarela pergi dari kawanan tersebut kemudian didampingi oleh Bagheera, panther hitam yang bijaksana dan tangguh. Dalam perjalanan menuju kampung manusia, Mowgli dan Bagheera terpisah satu sama lain.

Mowgli kemudian bertemu dengan Baloo, beruang madu. Baloo dengan cerdasnya memanfaatkan keahlian Mowgli untuk bisa mencarikan ia madu. Dengan segala daya akalnya, Mowgli akhirnya berhasil memenuhi keinginan Baloo. Bagheera akhirnya berhasil menemukan Mowgli dan bertekad untuk melanjutkan misi mengantarkan Mowgli ke kampung manusia.

Ditengah perjalanan tersebut, karena sebuah alasan, Mowgli kembali ke kawanan serigala dan memutuskan untuk melawan Shere Khan. Ketika ingin melawab Shere Khan, Mowgli mendapatkan nasihat dari Bagheera untuk tidak melawannya sebagai serigala tetapi sebagai manusia. Berhasilkah Mowgli mengalahkan Shere Khan?

Ketika membicarakan potensi diri, sadarilah bahwa sejatinya yang paling mengetahui kemampuan diri kita adalah ya diri kita sendiri. Mowgli adalah seorang manusia. Apakah mungkin Mowgli akan bisa mencapai potensi terbaiknya sebagai serigala?

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s