Sistematika Proses Penyusunan Strategi part 2 : Competitive Profile Matrix, Internal Factor Evaluation, SWOT, dan QSPM


Strategic Planning

Setelah melakukan analisa lingkungan eksternal, yang dilakukan selanjutnya dalam proses penyusunan strategi adalah, melakukan analisa internal yang dapat dilakukan dengan menggunakan berbagai metode, seperti audit internal, analisa value chain, serta melakukan competitive profile matrix serta internal factor evaluation.

Secara umum, definisi Competitive Profile Matrix adalah sebuah alat manajemen strategis yang penting untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan pesaing utama dalam hubungannya dengan posisi strategis perusahaan.  Competitive Profile Matrix disusun dengan cara membandingkan key success factor dan critical success factor yang dimiliki oleh sebuah perusahaan dengan para pesaingnya. Dari sini dapat diketahui seberapa kuatnya posisi perusahaan dibandingkan dengan pesaing.

Selengkapnya baca di TheBusinessPerspective

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s