Threshold Games. Adu Strategi Dalam Permainan Simulasi Bisnis


image

Kuliah di Magister Manajemen PPM Manajemen memang membutuhkan dedikasi dan komitmen. Salah satunya adalah sejumlah aktivitas wajib yang wajib anda lakukan, kalau tidak anda harus mengulangnya dan melakukannya bersama angkatan baru. Salah satu dari kegiatan yang wajib tersebut adalah melakukan threshold games, sebagai bagian dari matakuliah manajemen stratejik. Apa itu threshold games? Bagaimana cara memainkannya? Bagaimana cara memenangkannya?

Kuliah di PPM Manajemen memang berbeda, bukan cuma dijejali oleh berbagai teori manajerial, akan tetapi kami diberikan kesempatan secara praktikal untuk menerapkan ilmu yang sudah diberikan kepada kami melalui sebuah simulasi bisnis bernama threshold games.

Threshold games dalam pandangan saya pribadi merupakan sebuah permainan simulasi pengambilan keputusan yang biasa dilakukan oleh para manajemen perusahaan. Ada banyak kegiatan-kegiatan yang harus anda lakukan dalam Threshold Games, yang mancakup area pemasaran, keuangan, operasional produksi dan lain sebagainya. Anda diharuskan mengambil keputusan strategis yang mempengaruhi jalannya perusahaan seperti berapa material yang anda beli untuk quartal berikutnya, berapa barang yang akan anda produksi, berapa harga barang yang akan anda jual kepada konsumen, berapa dana pinjaman yang anda butuhkan. Semuanya harus anda putuskan dalam waktu yang singkat. Tidak hanya itu, anda akan dihadapkan dengan berbagai kondisi eksternal dan internal, juga termasuk dilema-dilema dalam permasalahan yang anda hadapi. Layaknya sebuah kondisi pengelolaan perusahaan, apa yang anda putuskan akan berpengaruh pada pencapaian kinerja perusahaan anda.

Idealnya threshold games dimainkan oleh 4-5 orang dalam 1 kelompok untuk lebih mengintensifkan koordinasi keputusan 1 kelompok. Sebelumnya anda dapat melakukan pembagian didalam 1 kelompok berdasarkan fungsi-fungsinya. Satu hal yang pasti apapun keputusan yang dibuat sebuah fungsi mempengaruhi fungsi lainnya. Keputusan yang kita buat di satu periode permainan juga akan mempengaruhi hasil di periode-periode selanjutnya. Seperti misalnya, salah membeli jumlah raw material akan dapat membuat anda kelebihan atau kekurangan stock untuk membuat jumlah produksi.

Bagaimana kemudian cara memenangkannya? Threshold dinilai berdasarkan income, market shares, return on asset, dan forecast (kemampuan anda memprediksi jumlah penjualan dengan actual demand). Cara memainkan threshold adalah seperti menjalankan perusahaan yang sesungguhnya. Anda terlebih dahulu harus membuat visi, misi dan strategi serta kebijakan-kebijakan yang nantinya akan anda terapkan. Dalam memainkan threshold anda harus tetap tenang kendati didesak waktu. Tetap fokus pada perusahaan anda. Tetapi juga perhatikan kelompok lain. Selama perusahaan yang anda jalankan masih positif incomenya anda akan punya kesempatan memenangkan permainan.

Manfaat yang saya rasakan cukup besar dari mengikuti permainan threshold games ini. Pertama, hal ini semakin mengasah kemampuan teamwork saya, yakni dalam berkomunikasi dan menyampaikan pendapat dengan anggota tim lainnya. Kedua, hal ini mengasah kemampuan kepemimpinan anda didalam mengkoordinasikan anggota tim anda dengan berbagai macam latar belakang yang anda miliki. Ketiga, ini yang menurut saya sangat penting yakni kemampuan untuk menganalisa berbagai macam informasi yang ada dan menganalisa keterkaitan antar informasi untuk membuat sebuah keputusan bisnis terbaik. Keempat, permainan ini dapat meningkatkan intuisi atau insting bisnis anda.

Secara pribadi, wisdom yang saya dapatkan adalah bahwa masih banyak yang harus saya tingkatkan lagi. Perusahaan yang saya kelola bersama kelompok saya terbukti mengalami kerugian diakhir permainan walaupun ternyata masih berada di peringkat 3 dari 5 tim. Artinya masih banyak yang harus saya pelajari dan kembangkan. Sisi positifnya adalah bahwa saya telah meningkatkan filosofi saya dari hanya sekedar safe player menjadi risk taker. Tentu dalam implementasi manajerial banyak yang hanya memikirkan kepentingan jangka pendek alih-alih keberlangsungan secara jangka panjang. Semua hal tersebut dikombinasikan dengan ilmu yang saya miliki dan pengalaman yang telah saya dapatkan akan menjadi pijakan dasar untuk diri saya yang lebih baik lagi.

Terimakasih kepada bu Ningky dan pak Rofi yang telah mengajarkan kepada saya dan juga EM 13 melalui treshold game ini.

3 thoughts on “Threshold Games. Adu Strategi Dalam Permainan Simulasi Bisnis

Leave a Reply

