Belajar Strategi Bisnis Dari Transmart Konsep Baru


CAM00115

Libur panjang akhir pekan kemarin, saya bersama keluarga menyempatkan diri untuk mengunjungi Transmart Cilandak yang digembar-gemborkan sebagai Transmart dengan konsep baru. Tidak hanya sebagai pusat perbelanjaan semata, tetapi sebagai tempat hiburan keluarga yang menyeluruh. Entah karena memang baru dibuka, atau karena pengaruh liburan panjang, Transmart Cilandak sangat ramai dikunjungi oleh pengunjung. Menarik untuk kita lihat apakah Transmart Cilandak sebagai sebuah fenomena dari sisi bisnis ataukah memang direncanakan dengan sangat baik?

Pertama, karena ketepatan pemilihan lokasi yang sangat baik. Transmart Cilandak sebelumnya merupakan Mall Cilandak yang tidak terlalu ramai karena kalah bersaing dengan Mall terdekatnya yakni Cilandak Town Square. Transmart Cilandak mampu merubah Mall Cilandak yang hampir “mati” menjadi pusat perbelanjaan baru yang benar-benar “hidup”.

CAM00120

Kedua, perubahan konsep Transmart Carrefour dari sebelumnya hanya sekedar ditekankan kepada aktivitas belanja plus beberapa merchant fastfood telah berubah menjadi semacam mall. Kehadiran Kid City sebagai arena bermain untuk anak-anaklah yang dalam pandangan saya menjadi penyebab begitu ramainya Transmart konsep baru tersebut. Saya tidak tahu dengan Transmart di lokasi lainnya, tapi Masyarakat Jakarta, khususnya Jakarta Selatan yang lokasi tempat tinggalnya jauh dari Dufan Ancol, Jungle Land Sentul City, akan lebih memilih mengunjungi Kid City di Transmart Cilandak, ataupun Transmart lainnya.

Kehadiran Kid City yang membuat ramai Transmart tentunya akan berdampak domino pada merchant-merchant lain. Efeknya tentu saja positif bagi merchant-merchant tersebut. Kehadiran orang yang begitu banyak adalah potensi penjualan yang banyak juga. Dan itu artinya adalah uang, uang dan uang.

Ketiga, adalah betapa terintegrasinya Transmart dengan lini bisnis yang dimiliki oleh CT corpora. Transmart sangat terlihat begitu mendahulukan lini usaha dari CT Corpora. Hal ini terlihat dengan penempatan Baskin Robbins yang sangat strategis dari pintu masuk Transmart. Belum lagi penempatan Coffebean, dan utamanya Bank Mega. Bahkan Bank Mega berikut dengan ATMnya tercatat menjadi satu-satunya bank yang berlokasi di Transmart. Dengan sangat cerdiknya juga, Bank Mega menempatkan salah satu mesin ATMnya di Kid City.

CAM00125

Jadi bisa dikatakan bahwa Transmart konsep baru benar-benar direncanakan dengan sangat matang. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kualitas layanan kepada para pengunjung, memperlama waktu kunjungan di Transmart, memperbanyak jumlah pengunjung. Dampak akhir yang dirasakan adalah peningkatan nilai yang dirasakan oleh Transmart itu sendiri, serta merchant-merchant yang telah membeli/ menyewa dilokasi tersebut.

Tapi tentunya, hal ini harus dilihat lagi pada masa-masa mendatang dengan mempertimbangkan bahwa keramaian tersebut juga dibantu oleh faktor kebaruan dari Transmart dan faktor liburan. Hanya waktu yang akan menjawabnya.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s