Disiplin Waktu. Elemen Mendasar Dalam Kesuksesan


Disiplin Waktu

Saya dulu termasuk orang yang menganggap remeh waktu. Apalagi terkait dengan kehadiran. Pelajaran dengan harga yang sangat mahal telah mengajarkan saya akan pentingnya ketepatan akan waktu. Karenanya kedisiplinan terutama kedisiplinan pada waktu merupakan elemen mendasar bagi kesuksesan.

Coba tanyakan betapa pentingnya waktu kepada para olahragawan. Walaupun memang ini terdengar sangat klise, namun begitulah kenyataannya. Coba tanyakan kepada para runner up dari perlombaan yang sangat mementingkan waktu seperti misalnya lomba lari, renang yang seringkali pemenangnya ditentukan oleh sepersekian detik.

Atau coba tanyakan juga kepada orang-orang yang sering menghadapi deadline seperti para jurnalis, para mahasiswa ataupun juga kepada para pekerja dibidang financial yang sering dihadapkan pada deadline dan denda yang tak ketulungan nilainya bila melewati deadline yang telah ditentukan. Sekedar gambaran saja, telat menyampaikan laporan kepada regulator, bank bisa mendapatkan denda antara jutaan hingga puluhan juta per harinya. Siapa yang membayar denda tersebut? Memang denda tersebut dibayar oleh bank, bukan oleh karyawannya, namun tentu saja hal tersebut memberikan pengaruh negatif terhadap penilaian kinerja seorang bankir.

Karena itu elemen waktu menjadi sangat penting dan sangat mendasar. Saya dulu sering mendebat apa pentingnya kehadiran tepat waktu dibanding prestasi yang telah saya sumbangkan. Namun setelah mencoba menerima fakta dan mencoba untuk mendewasakan diri, saya belajar bahwa disiplin, khususnya dalam segi waktu adalah hal yang paling prinsipil.

Dalam pandangan saya, disiplin waktu berlaku untuk semua jenis profesi, apapun itu. Banyak yang beranggapan bahwa disiplin waktu hanya terbatas untuk pekerja kantoran saja, sedangkan pekerja kreatif, ataupun pengusaha tidak perlu memiliki disiplin waktu. Bahkan tak jarang alasan bebas terikat dari ketentuan waktu inilah yang membuat orang tertarik untuk membuka usaha sendiri ataupun menjadi freelance. Padahal menjadi pengusaha ataupun freelance harus menepati janji waktu bertemu dengan klien. Jika anda datang telat, tentu saja hal tersebut akan mempengaruhi kredibilitas anda.

Disiplin dalam sisi waktu memang sangat sulit, tetapi tentu saja bisa dilatih secara bertahap. Untuk mendisiplinkan diri anda dari sisi waktu, pertama anda butuh keterbukaan diri anda dalam memandang pentingnya disiplin waktu. Kedua, anda perlu dukungan orang terdekat untuk terus mengingatkan anda. Ketiga, anda harus terus memantau perkembangan anda untuk perubahan tingkat disiplin waktu anda.

Advertisements

4 thoughts on “Disiplin Waktu. Elemen Mendasar Dalam Kesuksesan

  1. Setuju banget! Apalagi belakangan lagi belajar manajemen proyek mengenai AON dan AOA, dimana disetiap poin kegiatan punya deadline yang berefek domino. Jadi sangat-sangat dituntut untuk disiplin waktu. Meskipun sebenernya diluar itu juga harus menghargai waktu. Hehee nice post btw 🙂

    Like

    1. Karena kedisiplinan waktu sangat prinsipil dalam mencapai kesuksesan, baik ditingkat individu ataupun organisasi. Terimakasih untuk kunjungan baliknya dan apresiasinya…:)

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s