Memaksimalkan LinkedIn untuk Membangun Profesional Branding Anda


Linkedin

Salah satu sosial media yang bisa dipergunakan untuk meningkatkan kompetensi profesional anda secara keseluruhan adalah LinkedIn. Ketimbang mempergunakan Facebook ataupun Twitter, untuk ranah profesional, LinkedIn adalah sarana yang lebih pas untuk “menjual” diri anda secara online. Manfaat lain yang berkaitan adalah untuk mengembangkan jejaring profesional anda. Selain itu anda juga bisa mendapatkan banyak sekali pengetahuan atau wawasan yang ada dalam LinkedIn ini.

Tak sedikit yang telah merasakan banyak manfaat dari menggunakan LinkedIn. Namun sayangnya, banyak yang masih belum memaksimalkan penggunaan LinkedIn. Bagaimana caranya memaksimalkan LinkedIn untuk membangun profesional branding anda?

Maksimalkan Profil Anda

Profil yang anda tempatkan pada LinkedIn adalah curriculum vitae yang bisa dijadikan referensi bagi head hunter ataupun sumber daya manusia dari perusahaan lain untuk merekrut anda. Karenanya, pastikan dalam akun LinkedIn yang anda miliki anda memberikan informasi yang tepat dan jujur. Selain itu, jangan lupa juga untuk senantiasa mengupdate profil anda. Jika memungkinkan, mintalah beberapa rekomendasi dari rekan kerja, klien, ataupun supplier anda untuk mempromosikan diri anda. Profil anda adalah hal kunci dalam melaksanakan profesional branding anda. Tentukan siapa diri anda sebagai brand di LinkedIn.

Baca Juga : 3 Manfaat Mengupdate CV dan Portofolio Anda Berkala

Baca Juga : Memanfaatkan Sosial Media Untuk Profesional Branding Anda

Kembangkan Jaringan Anda

Ada perbedaan pendapat dalam mengembangkan jejaring di LinkedIn. Ada yang mengatakan bahwa kita harus membatasi networking di LinkedIn terbatas pada orang-orang yang kita kenal. Namun  ada juga yang mengatakan bahwa kita harus memperluas jejaring kita di LinkedIn untuk lebih memperbesar potensi keberhasilan kita didunia nyata. Saya pribadi lebih setuju pada pendapat yang kedua. Namun juga dalam mengembangkan jejaring kita harus membatasi diri tidak harus semuanya kita inivite atau accept. Pertama, sesuaikan dengan kepentingan anda. Kedua, sesuaikan dengan profesi anda.

Tapi ada juga pendapat lain yang menarik. Ada juga sahabat saya yang menggunakan LinkedInnya dan menginvite Direktur-Direktur dari perusahaan lain. Selain itu ia juga menginvite human resources dari perusahaan lain. Hal ini ia maksudkan untuk mempermudah dirinya dikenal ketika ingin melamar pekerjaan di perusahaan lain.

Cari Pengetahuan dan Berbagi Pengetahuan

Begitu banyak pengetahuan yang tersebar di Linkedin, salah satunya adalah dari grup-grup atau komunitas profesi. Komunitas ini seringkali melakukan diskusi secara online. Anda bisa mendapatkan wawasan atau pengetahuan praktis dan juga perkembangan terkini dari profesi yang anda geluti. Anda juga bisa mengikuti akun sejumlah pengguna LinkedIn yang disebut sebagai Influencer.

Selain mencari pengetahuan, alangkah baiknya anda juga bisa berbagi pengetahuan dengan membagikan link artikel, baik dari blog pribadi anda ataupun dari artikel lain yang menurut anda sekiranya dapat memberikan manfaat kepada orang banyak. Khusus untuk blog pribadi, selain membagikan pengetahuan, hal ini juga dapat meningkatkan kredibilitas anda dan profesional branding anda.

 

Pada intinya, LinkedIn bukan hanya sekedar untuk mencari pekerjaan saja. Tetapi juga kesempatan untuk menambah pengetahuan dan wawasan anda, juga memperluas jejaring yang anda miliki. Yakinlah bahwa kesemua hal tersebut akan memberikan manfaat yang nyata untuk perkembangan karir anda.

 

Colek Saya di Curr@RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

2 thoughts on “Memaksimalkan LinkedIn untuk Membangun Profesional Branding Anda

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s