Tuliskan Impian Mu


Dream

Dalam salah satu bukunya, motivator terkemuka Jamil Azzaini mengemukakan pentingnya untuk menuliskan rencana hidup dan impian kita dalam sebuah bentuk proposal tertulis yang ia namakan sebagai proposal hidup. Pada intinya, kita disarankan untuk menulis segala macam target kehidupan. Tujuannya adalah untuk memandu dan mengingatkan apa yang ingin kita capai.

Saya ingat betul mempraktekkan pengalaman ini secara nyata dan manfaatnya betul terasa. Saya pernah menuliskan pada selembar kertas dan saya tempelkan pada dinding kubikal di meja kantor saya. Tulisan itu adalah target 3 besar ARA. Pada kesempatan itu, sahabat saya Arie Rinaldi mencoret kembali tulisan saya tersebut menjadi Juara 1 ARA. Dan entah kenapa, semesta mendukung cita-cita saya yang direvisi oleh sahabat saya tersebut.

Jadi ceritanya begini, entah kenapa kantor saya yang kebetulan berlaga pada kategori BUMN dan BUMD Listed, tiba-tiba saja berubah menjadi BUMD Listed. Kebetulan juga saya “menyisipkan” impian saya tersebut pada nama putri saya, Khansa Tiara Althea. Kata Tiara dalam nama putri saya adalah singkatan dari Tiga Besar ARA. Waktu berlalu, seraya bersyukur, Allah menjawab dan memberikan lebih dari apa yang saya minta. Hingga saat ini, saya bersama tim di kantor saya telah berhasil menjadi Juara 1 Annual Report Award untuk 4 tahun berturut-turut. Dari apa yang saya minta cuma menjadi juara 3 dan kemudian setelah direvisi, Allah memberikan lebih.

Dalam salah satu acara talkshow di sebuah radio yang saya dengarkan, juga demikian adanya. Seorang yang diwawancara, menuliskan apa yang ia cita-citakan dan ia masukkan kedalam kapsul waktu 4 tahun sebelumnya. Alhasil, begitu kapsul waktu tersebut dibuka, semua yang ia tuliskan telah menjadi kenyataan. Begitu dahsyatnya kekuatan dari mimpi yang dituliskan itu. Apalagi yang yang ditempatkan pada tempat-tempat yang mudah diakses oleh kita.

Dalam dunia usaha, praktek menuliskan impian juga dilakukan sebenarnya. Yakni dalam bentuk rencana bisnis atau perencanaan strategis yang mencantumkan target-target kinerja yang ingin dicapai oleh perusahaan berikut dengan langkah-langkah apa saja yang akan dilakukan untuk mencapai target

Karena dari itulah saya mencoba untuk menuliskan beberapa impian jangka pendek saya dengan jangka waktu 3 tahun dari sekarang. Impian saya yang pertama adalah tentu saja bisa menyelesaikan pendidikan magister manajemen yang sedang saya tempuh saat ini di PPM Manajemen dalam jangka waktu 1 tahun dari sekarang dengan target nilai semaksimal mungkin (jika memungkinkan dengan IPK 4.00). Yang kedua adalah penghasilan yang lebih baik. Yang ketiga adalah saya ingin bisa mengajak keluarga saya pergi keluar negeri dalam waktu 3 tahun kedepan.

Tulisan ini akan menjadi cross check bagi diri saya dalam 3 tahun kedepan. Saya tidak tahu apakah target-target tersebut akan bisa saya capai. Tapi yang pasti saya yakin dengan bekerja keras dan bekerja cerdas, berbuat baik, dan dengan dukungan keluarga, impian dan cita-cita saya akan terwujudkan seperti apa yang ada dalam tulisan ini.

2 thoughts on “Tuliskan Impian Mu

  1. Nice article Oji! Keep dreamin’, keep on believing 🙂 Smoga tercapai ya harapannya!
    Setuju Ji, impian yang kita tulis itu ternyata punya ‘kekuatan’ ya hehe. Gw juga menemukan hal yg sama dari menulis impian-impian, dan Puji syukur beberapa hal bisa terwujud. It’s only by God’s grace 🙂
    Smoga impian ku berikutnya, juga dapat terwujud sesuai rencanaNya 🙂 Harapan yang sama untuk Oji juga!

    ~whatever ur dream is, make it happen~ 🙂

    Like

Leave a Reply

