Kenapa Charlie Brown Peanuts Movie Tidak Masuk Nominasi Oscar?


Peanuts Movie ddan Inside Out

Kita tahu bahwa pada akhirnya film Inside Out dari Pixar mendapatkan penghargaan sebagai The Best Animated Picture dalam Academy Awards tahun ini, mengalahkan Anomalisa, Shaun The Sheep Movie, Omoide no M dan O Menino e o Mundo. Saya tidak pernah menonton ke 4 film tersebut. Tapi yang cukup mengherankan bagi saya adalah kenapa film Charlie Brown : The Peanut Movie bahkan tidak sama sekali diperhitungkan masuk dalam nominasi Oscar.

Memang saya bukan pemerhati film yang sangat kritis, tapi dalam pandangan saya pribadi, film Charlie Brown : The Peanut Movie seharusnya masuk kedalam nominasi Oscar. Saya kemudian mencari referensi bagaimana sebuah film itu dinilai dalam Academy Awards. Saya menemukan referensi artikel menarik Muvila.com yang berjudul Apa Beda Golden Globe Awards Dengan Piala Oscar.

Academy Awards atau Piala Oscar, ajang yang dianggap sebagai lambang supremasi tertinggi di dunia film Amerika Serikat. Anggapan itu sangat beralasan, sebab penilaiannya dilakukan oleh ribuan orang praktisi perfilman lintas generasi yang tergabung dalam Academy of Motion Pictures, Arts and Sciences (AMPAS), selain juga karena statusnya sebagai ajang tertua, yang diadakan sejak 1929. Para anggota AMPAS akan memilih nominasi dari kategori berdasarkan profesi atau jenis keanggotaan masing-masing (sutradara memilih sutradara, aktor-aktris memilih kategori-kategori akting, dan sebagainya). Baru pada akhirnya pemenang ditentukan oleh seluruh anggota AMPAS.

Seorang blogger yang review filmnya sangat bernas dan cerdas, Lazione Budy juga membahas mengenai film Inside Out yang ia prediksi pada tulisannya yang berjudul Inside Out : We Know Riley’ Head -yang diposting pada tanggal 25 Februari 2016- bahwa Inside Out akan memenangkan Piala Oscar. Ia mengatakan bahwa sang pemenang memang tak selalu yang terbaik di mata penonton. Namun jelas screenplay yang tak lazim sangat menarik juri Oscar.

Mungkin barangkali itulah sebabnya film Charlie Brown : The Peanut Movie bahkan tidak masuk nominasi sama sekali. Pemikiran saya tentunya pasti berbeda dengan para jurinya. Namun sebenarnya masih dalam pandangan saya pribadi kedua film itu (Charlie Brown dan Inside Out) jika harus diperbandingkan, maka sebenarnya memiliki kualitas cerita yang sangat baik. Keduanya memiliki nilai positif yang coba ditanamkan kepada para penontonnya.

Keduanya adalah film keluarga yang sangat baik dan sangat aman untuk ditonton oleh anak-anak. Memang kalau dari segi cerita, Inside Out lebih memiliki bobot cerita yang relatif “berat” jika dibandingkan dengan film Charlie Brown. Pernyataan dari blogger Lazione Budy bahwa screenplay yang tak lazim sangat menarik juri Oscar menemukan relevansinya disini. Apalagi dalam pandangan awam saya, bahwa film-film yang memenangkan piala Oscar adalah film-film yang “berat” secara tema.  Tapi saya pribadi lebih menyukai film Charlie Brown karena lebih realistis karena tema-tema yang diangkat lebih bersifat kehidupan sehari-hari dan lebih sederhana cara penyajian pesan-pesannya.

Baca Juga : Charlie Brown, Snoopy dan Pelajaran Tentang Rasa Percaya Diri

Apakah kualitas cerita sangat mempengaruhi penilaian dari para juri Academy Awards? Entahlah. Tapi satu hal yang pasti, kita bisa belajar dari para sineas kreatif Hollywood dalam membuat film yang sarat dengan pesan yang komunikatif dan inspiratif kepada anak-anak. Piala Oscar bukanlah menjadi ajang kita membanggakan film-film luar negeri, tapi dari film-film luar negerilah kita bisa belajar untuk meningkatkan kualitas film kita.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan 

 

 

 

Advertisements

2 thoughts on “Kenapa Charlie Brown Peanuts Movie Tidak Masuk Nominasi Oscar?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s