Legacy. Seperti Apa Anda Ingin Dikenang Setelah Anda Tiada?


Footprints

Jika bicara tentang hidup, maka satu hal yang pasti adalah kita akan mati. Pada akhirnya kita memang akan mati. Tapi apa yang kita wariskan, apa yang kita tinggalkan pada dunia bisa jadi akan abadi. Itulah legacy kita.  Dampak dari apa yang kita lakukan bisa jadi tidak akan rusak dilekang oleh ruang dan waktu, untuk selamanya. Tapi yang namanya legacy yang kita persiapkan untuk dunia setelah kita sudah tidak lagi hadir didunia ini, harus dipersiapkan dengan sebaik-baiknya.

Kita harus memanfaatkan waktu yang kita miliki saat ini dengan sebaik-baiknya. Apalagi yang anda tunggu? Kita hanya punya satu masa kehidupan untuk dijalani. Hari ini dimulai, dan besok akan terus berlanjut dan tidak akan pernah berakhir sampai anda mencapai tujuan yang telah anda tetapkan, mencapai garis akhir dengan tangan mengepal keatas sebagai tanda atas kemenangan dan keberhasilan anda.

Anda, kita dan saya memiliki berbagai tujuan-tujuan yang ingin dicapai dalam kehidupan ini. Anda terus mencoba dan yakinlah, anda pasti akan mengalami kegagalan. Saya tidak mendoakan. Tapi besar kemungkinan anda pasti akan gagal. Tapi jika anda gagal, anda bangkit dan mencoba lagi. Lalu kemudian anda gagal dan anda bangkit lagi. Gagal dan bangkit lagi. Namun pastikan bahwa anda tidak pernah gagal untuk mencoba lagi. Kegagalan adalah resep dari sebuah keberhasilan. Klise memang, tapi kenyataannya memang begitu.

Adalah pecundang yang mengalami sekali kegagalan dan kemudian berhenti. Setiap pemenang pernah berhadapan dengan kegagalan. Para pemenang dan pecundang sama-sama mengalami kegagalan, tetapi hanya para pemenanglah yang mengalami kegagalan dan mencoba lagi. Wujudkan impian anda menjadi kenyataan, selangkah demi selangkah. Berhentilah lari dari kenyataan bahwa diri anda adalah orang yang hebat. Berhentilah lari dari potensi luar biasa yang anda bisa. Semua yang luar biasa dari diri anda sudah ada dalam diri anda, dan memang sudah ada dalam diri anda. Bahwa anda adalah istimewa, bahwa anda adalah luar biasa.

Anda harus mempercayai diri anda, kemampuan anda. Bahwa anda bisa menjadi diri anda sekarang, diri anda yang luar biasa, diri anda yang akan diingat orang lain di masa depan. Jika anda percaya secara mental bahwa anda akan bisa mewujudkan impian anda, maka tubuh anda akan menemukan cara untuk mewujudkan impian anda, dan alam semesta akan mendukung anda. Kita bekerja keras hari ini, kita melakukan segala daya upaya untuk mewujudkan impian kita, sehingga kita tidak dihantui rasa penasaran, bagaimana jika saya tidak melakukannya. Tidak diatur oleh waktu, tetapi oleh keinginan diri kita akan arah masa depan hidup kita.

6a014e8c33f773970d01901ec51e9f970b (1)

Tulisan ini tidak ditujukan untuk semua orang. Tulisan ini mungkin saja tidak akan cocok bagi anda. Tapi jika anda masih membacanya hingga detik ini, jadi mungkin saja tulisan ini untuk anda.

Tidak ada alasan untuk memberikan yang terbaik pada setiap apa yang anda lakukan, dalam kehidupan pribadi anda, dalam kehidupan profesional anda, dalam persahabatan, dalam keluarga. Nama anda akan melekat pada setiap apa yang anda lakukan. Pastikan hal itu memiliki makna lebih dari segalanya. Hidup hanya sekali. Tetapi jika anda menjalaninya dengan baik, maka sekali itu sudah lebih dari cukup.

 

Diterjemahkan dan dikembangkan dari :

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s