Kunjungi Gotham City dan Metropolis Dengan Turkish Airlines


Batman V Superman

Memanfaatkan momentum film Batman VS Superman yang dinanti-nanti oleh jutaan orang diseluruh dunia (termasuk saya), Turkish Airlines dengan sangat kreatif dan cerdasnya memanfaatkan momentum tersebut untuk mempromosikan layanannya. Dalam salah satu video commercial yang diluncurkan oleh Turkish Airlines, maskapai penerbangan dari Turki tersebut meluncurkan 2 rute tujuan yang baru, yakni Gotham City dan Metropolis.

Kita tahu bahwa kedua kota tersebut sangat identik dengan superhero yang akan saling bertempur satu sama lain dalam film Batman VS Superman. Gotham City adalah kota kelahiran Bruce Wayne dan tempat beroperasinya Wayne Enterprise, perusahaan yang dimiliki oleh Bruce Wayne, alter ego dari Batman. Sedangkan kota Metropolis sendiri adalah kota yang didatangi oleh Kal El yang kemudian diberi nama Clark Kent oleh kedua orang tua angkatnya. Clark Kent kemudian kita ketahui bersama menjadi Superman.

Yang menjadi menarik dari video iklan tersebut, adalah Turkish Airlines benar-benar serius mempersepsikan bahwa Gotham City dan Metropolis benar-benar kota yang ada, lengkap dengan segala karakteristik dan narasi yang sangat menggugah, termasuk kehadiran dua tokoh pebisnis yakni Bruce Wayne dan Lex Luthor yang turut mempromosikan kota tempat tinggalnya masing-masing.

Video komersial tersebut dalam pandangan saya sangat kreatif, karena bisa menangkap momentum dan disampaikan dengan cara yang sederhana. Namun tentu kita tahu, bahwa dampak dari video tersebut lebih kepada soft sale ketimbang hardsale, karena mempromosikan kota yang cuma ada di dunia film. Tapi kita pun tahu, bahwa ekspektasi masyarakat dunia terhadap film Batman VS Superman sangatlah tinggi, sehingga manfaat utamanya adalah mendapatkan awareness yang sangat tinggi.

Turkish Airlines sendiri termasuk salah satu airlines didunia yang sangat memperhatikan komunikasinya. Turkish Airline beberapa waktu lalu sangat gencar mengkomunikasikan kemitraannya dengan Manchester United, salah satu kesebelasan sepakbola terbesar di dunia yang memiliki banyak penggemar diseluruh dunia.

Bukan hanya Turkish Airlines, Emirates Airways juga melakukan atraksi yang menarik dengan memadukan pramugari dengan sepakbola yang kemudian di videokan dan akhirnya menjadi viral. Hal ini menandakan  bahwa kreativitas adalah masalah sederhana sebenarnya, kemampuan melihat momen, yang bisa dilakukan hanya dengan mengkombinasikan beberapa hal.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan 

Advertisements

5 thoughts on “Kunjungi Gotham City dan Metropolis Dengan Turkish Airlines

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s