Apa Yang Bisa Anda Pelajari Dari Annual Report Sebuah Perusahaan?


Financial-Report-e1368593299301

Annual Report adalah dokumentasi tertulis mengenai kinerja sebuah perusahaan pada satu kurun waktu tertentu. Yang dimaksud dengan kinerja perusahaan ini tidak hanya terbatas pada kinerja keuangan saja tetapi juga mencakup banyak hal, seperti kinerja operasional perusahaan, aspek pengelolaan perusahaan, aspek pemasaran dan lain sebagainya. Karenanya, hanya dari Annual Report saja, anda bisa mempelajari begitu banyak hal. Apa saja?

Perencanaan Strategis dan Proses Pengambilan Keputusan

Salah satu isi penting dalam Annual Report adalah laporan dari Direksi (biasanya Direktur Utama) dan laporan Dewan Komisaris (biasa Komisaris Utama). Dalam kedua laporan tersebut, seringkali diungkapkan mengenai kondisi makro ekonomi yang dapat mempengaruhi industri, kondisi industri dan bagaimana sebuah perusahaan merespon kondisi tersebut. Jika anda bisa mencermati anda bisa mempelajari bagaimana manajemen sebuah perusahaan melakukan perencanaan strategis dan bagaimana proses pengambilan keputusan.

Pelaporan dan Analisa Keuangan

Pada bagian analisa dan pembahasan manajemen atas kinerja perusahaan, anda bisa belajar banyak hal. Kita tahu bahwa perusahaan melakukan banyak hal dan aktivitas seperti penjualan, produksi barang ataupun jasa, dan juga kegiatan operasional. Tujuan dan muara dari kegiatan tersebut adalah untuk mendapatkan keuntungan. Jadi kita bisa melihat keterkaitan dari berbagai aktivitas. Dan itu adalah sebuah proses pembelajaran.

Utamanya memang pada tinjauan keuangan sebuah perusahaan, dimana kita tahu bahwa proses pelaporan keuangan saja sudah demikian rumitnya bagi yang tidak memahami akuntansi dan disiplin ilmu finansial dan ekonomi lainnya. Tapi jika kita dapat melihat keterkaitannya, utamanya pada pelaporan keuangan berikut dengan analisa, kita juga bisa mempelajari bagaimana sebuah perusahaan dikelola.

Tata Kelola Perusahaan, Manajemen Risiko dan Etika Bisnis

Dalam Annual Report, khususnya pada pelaporan tata kelola perusahaan dan manajemen risiko kita bisa jauh lebih dalam mempelajari aspek pengelolaan perusahaan. Perlu dipahami juga, bahwa tata kelola perusahaan serupa tapi tidak sama dengan manajemen. Tapi satu hal yang pasti kita bisa mempelajari aspek-aspek tata kelola perusahaan, bagaimana kita mempelajari prinsip pengelolaan bisnis yang benar, patuh (comply) dan etis.

Dari manajemen risiko yang dilaporkan dalam sebuah Annual Report kita bisa mempelajari bagaimana sebuah perusahaan dari awal mengidentifikasi risiko, menilai dampak dari risiko dan upaya-upaya apa saja yang dilakukan oleh manajemen sebuah perusahaan untuk meminimalisir dampak dari risiko tersebut.

***

Pada intinya, mempelajari Annual Report adalah tentang mempelajari bagaimana sebuah perusahaan dijalankan dengan berbagai aktivitas. Pengalaman berharga saya dalam menulis annual report dan membaca annual report dari banyak perusahaan dari berbagai jenis industri meningkatkan kemampuan analisis, kemampuan memandang dengan helicopter view. Kemampuan-kemampuan tersebut akan menjadi modal berharga bagi anda ketika anda memiliki usaha sendiri, ataupun memimpin sebuah perusahaan. Selamat membaca annual report.

 

Baca tulisan lainnya mengenai Annual Report di Kumpulan Artikel Mengenai Annual Report dan Sustainability Report

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s