Faktor Lain yang Mungkin Mempengaruhi Nilai Annual Report Awards


annual-report-awards

Sekarang sudah musimnya finalisasi laporan keuangan audited bersama dengan Kantor Akuntan Publik. Sejumlah pengamat memperkirakan banyak industri yang akan mengalami penurunan kinerja, dikarenakan faktor adanya perlambatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia. Semoga bukan itu yang terjadi. Bersamaan dengan itu juga, banyak perusahaan yang sudah memulai proses penyusunan Annual Report.

Bagi perusahaan yang mengalami pertumbuhan kinerja tentunya menyusun Annual Report akan menjadi lebih mudah dibandingkan perusahaan yang mengalami penurunan kinerja. Penyusunan dan pemilihan kata-katanya harus hati-hati betul. Yang kemudian sering dipertanyakan kepada saya, apakah penurunan kinerja perusahaan dapat mempengaruhi nilai annual report dari sebuah perusahaan yang mengikuti Annual Report Awards.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, saya juga bingung menjawabnya. Saya bukan juri Annual Report Award. Tetapi berdasarkan pengalaman dan pengamatan saya, ada juga perusahaan yang mengalami penurunan kinerja tetap mendapat prestasi yang cukup baik di Annual Report Awards, bahkan tetap menjadi juara 1 di kategorinya. Penilaian saya pribadi, ada beberapa kemungkinan yang menyebabkan itu bisa terjadi.

Pertama bahwa penurunan kinerja tersebut terjadi lebih karena faktor eksternal, misalnya faktor ekonomi yang seperti terjadi di tahun lalu. Kedua, penurunan kinerja terjadi bukan karena adanya kelalaian pengelolaan seperti misalnya banyaknya perkara hukum yang menggerus permodalan perusahaan. Ketiga, tergantung dari perusahaan yang berada dalam kategori penilaian Annual Report Awards. Jika ada perusahaan dikategori yang sama juga mengalami penurunan kinerja, besar kemungkinan perusahaan anda masih  punya peluang untuk mendapatkan prestasi di Annual Report Awards, tapi jika ada perusahaan lain dikategori anda memiliki pencapaian kinerja yang jauh lebih baik, maka perusahaan anda harus memaksimalkan keterbukaan informasi, terutama mengenai kenapa penurunan kinerja itu terjadi.

Selain penurunan kinerja keuangan, faktor lain yang dapat mempengaruhi penilaian juri Annual Report Awards adalah adanya permasalahan hukum yang signifikan. Saya pernah melihat sekilas dan mengintip juri Annual Report Awards begitu kritisnya terhadap perusahaan yang memiliki permasalahan hukum yang signifikan jumlah kerugiannya. Permasalahan hukum yang signifikan bisa jadi dapat mengindikasikan adanya kelemahan terhadap penerapan tata kelola perusahaan.

Faktor lain yang sering menjadi handicap adalah perusahaan yang belum mendaftarkan sahamnya di bursa, juga akan memiliki potensi nilai yang tidak semaksimal perusahaan terbuka. Memang dalam Annual Report Awards, ada perbedaan kategori listed dan non listed, tapi pun di kategori listed ada juga perusahaan yang belum mendaftarkan sahamnya dan baru mendaftarkan obligasi sub ordinasinya saja. Ini merupakan pengaruh signifikan. Tapi contohnya banyak perusahaan yang belum terbuka mampu mengalahkan nilai perusahaan terbuka.

Dalam pandangan pribadi saya, Annual Report Awards di Indonesia lebih berbasis kepada penilaian keterbukaan informasi dan juga lebih menekankan pada aspek pelaporan tata kelola perusahaan daripada aspek pelaporan kinerja keuangan. Karena itu, bagi perusahaan yang mengalami penurunan kinerja keuangan, tidak ada masalah sebenarnya asalkan perusahaan anda tetap mengkomunikasikan dan mengungkapkan keterbukaan informasi dan maksimalkan upaya perbaikan kinerja dan penguatan tata kelola perusahaan.

Baca tulisan lainnya mengenai Annual Report di Kumpulan Artikel Mengenai Annual Report dan Sustainability Report

 Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan 
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s