Coba Dulu !


Richard Branson Quotes

Jika anda tanya nasihat apa dari keluarga yang paling terngiang dalam benak saya selama saya hidup adalah sangat sederhana. Cuma dua kata persis seperti yang menjadi judul dari tulisan ini. Coba Dulu. Entah kenapa kata itu begitu kuat mengakar dalam benak saya. Manfaat dari nasihat tersebut pun sudah banyak saya rasakan.

Jadi ceritanya begini, waktu itu, Fakhrurroji Hasan kecil (masih SD kelas 1 atau 2 kalau tidak salah) ditugaskan oleh guru bahasa Indonesia untuk menulis surat kepada keluarga jauh. Waktu itu tulisan saya masih “ceker ayam” berantakan tidak karuan, dan saya tidak pandai menyusun kata-kata. Alhasil, Fakhrurroji Hasan kecil menangis karena merasa tugas yang diberikan oleh gurunya sulit dan tidak ia kerjakan.

Beruntungnya Fakhrurroji Hasan kecil dikelilingi oleh keluarga yang selalu mendukungnya. Saat itu, kalau tidak salah, Fakhrurroji Hasan kecil menulisnya dirumah kakek dan neneknya.  Nasihat coba dulu itu diucapkan oleh sang kakek yang mungkin sudah gerah melihat cucu pertamanya menangis dan kesulitan. “Saya gak bisa” kata Fakhrurroji Hasan kecil waktu itu. Dan setiap Fakhrurroji Hasan kecil mengatakan dirinya tidak bisa, maka sang kakek akan selalu mengatakan Coba Dulu. Begitu terus berulang-ulang kali.

Mentalitas coba dulu itulah kemudian yang menjadi modal berharga saya dalam menghadapi apapun. Dalam menghadapi soal matematika, dalam menghadapi dosen killer, dalam mendekati pujaan hati, dalam menghadapi beratnya ujian hidup. Meskipun kemudian tidak selalu saya terapkan secara konsisten, dan juga tidak selalu berhasil, setidaknya saya mentalitas coba dulu ini terus membuat saya untuk selalu berusaha mengembangkan diri.

Coba dulu disini tentu berbeda dengan coba-coba. Coba dulu  disini artinya setelah mengatakan saya mencoba, maka harus berkomitmen untuk memberikan yang terbaik dan siap dengan segala konsekuensinya. Mencoba dulu kemudian juga mencoba untuk mencari tahu cara agar apa yang ingin kita coba bisa berhasil.

Saya pada dasarnya dulu adalah orang yang takut dengan angka, tapi kemudian karena “terpaksa” harus menghadapi angka dalam sejumlah mata kuliah di Magister Manajemen PPM Manajemen yanhg sedang saya jalankan. Mau tidak mau, harus dicoba, karena kalau tidak dicoba ya menjadi sia-sia saja. Alhasil menjadi “terpaksa” untuk mau belajar. Dari awalnya bodoh dibidang mata kuliah yang penuh dengan angka, menjadi lumayan sedikit mengerti dan paham lah.

Jadi, jangan pernah menyerah ketika anda tidak bisa. Malah jangan pernah menyebutkan anda tidak bisa. Tapi sebutkan bahwa anda belum bisa dan anda akan bisa. Anda ingin bisa dan anda pasti bisa. Percayalah ketika anda mengatakan bahwa saya akan mencoba dan anda benar-benar bergerak untuk melakukan sesuatu untuk mencapai keberhasilan anda, semesta akan mendukung anda untuk mencapai apa yang anda inginkan.

Bagaimana? Masih bilang tidak bisa? COBA DULU !

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

 

2 thoughts on “Coba Dulu !

Leave a Reply

