Wajah Masa Depan Para Pekerja


Five Faces

Menarik sekali apa yang diprediksi oleh Alex Chriss, Vice President dan General Manager pada Intuit dalam tulisannya yang berjudul The Future of Work Doesn’t Look Like You Think It Does. Tulisannya berisikan prediksi terhadap seperti apa masa depan dari dunia kerja. Menurutnya di masa depan, wajah dunia kerja dan tentu saja para pekerja akan berubah secara drastis. Apa saja prediksinya? Apakah ada pengaruhnya pada dunia kerja dan para pekerja di Indonesia? Benarkah prediksinya?

Dalam tulisannya, Alex Chriss mengatakan bahwa pola kerja tradisional, yakni mengejar “karir” pada sebuah pekerjaan tetap akan semakin menghilang. Hal ini menurutnya tergantikan oleh bermunculannya para pekerja freelance yang tidak ingin terikat oleh status. Wajah para pekerja tradisional pengejar karir akan tergantikan oleh 5 wajah utama yang akan menjadi wajah dari dunia kerja. Apa saja?

The Career Freelancers

Para freelancers ini adalah para pekerja yang bekerja secara independen. Mereka menyukai perasaan memiliki kendali, menjadi bos dari diri mereka sendiri dan menciptakan pekerjaaan mereka sendiri termasuk juga bagaimana cara mereka bekerja.

The Business Builders

The business builders ini adalah mereka yang selalu termotivasi –sesuai dengan namanya- untuk menciptakan usaha mereka sendiri dan menjadi bos dari diri mereka sendiri. Hampir mirip dengan career freelancers sebenarnya, namun perbedaan dari the business builders lebih ditekankan pada memiliki usahanya sendiri.

The Side Giggers

Side giggers ini adalah mereka yang mencari kesempatan untuk menambah pendapatan selain dari pendapatan tetap dari gaji yang diberikan oleh perusahaan tempat mereka bekerja. Secara umum mereka memiliki pekerjaan tetap dan pekerjaan paruh waktu.

The Passionistas

Passionistas adalah mereka yang termotivasi kepada fleksibilitas dan kesempatan untuk melakukan apa yang benar-benar mereka sukai. Secara umum para passionistas ini kurang termotivasi oleh uang.

The Substituters

Para the substituters ini adalah mereka yang kehilangan pekerjaan dan tidak mampu mencari pekerjaan tradisional yang tetap.

***

Secara umum kelima wajah para pekerja itu sudah mulai muncul. Bahkan di Indonesia. Permasalahannya, adalah apakah kelima wajah itu akan benar-benar menghapus para pekerja tradisional yang tetap? Rasa-rasanya belum. Setidaknya dalam waktu dekat. Hal ini dikarenakan masih kentalnya budaya kerja tradisional yang mengejar karir di 1 atau 2 tempat dalam masa hidup seorang karyawan. Hal ini juga didorong oleh masih kentalnya para orang tua dalam menilai pasangan yang tepat untuk anak mereka adalah orang yang memiliki pekerjaan tetap. Coba anda tanya, menurut anda, adakah orang tua yang mau dilamar oleh seorang yang menjadi freelance?

Bagaimana kemudian dengan para business builders? Memang, di Indonesia semakin banyak bertebaran startup-startup baru. Namun yang sukses masih bisa dihitung jumlahnya, dan itupun belum benar-benar teruji oleh waktu. Artinya membangun usaha sendiri masih dianggap belum bisa mengakomodir kebutuhan hidup seorang manusia dan sebuah keluarga. Sudah begitu, orang masih kental dengan budaya bekerja dan enggan mengambil risiko, apalagi kalau sudah berkeluarga.

Di Indonesia, khususnya di berbagai kota besar di Indonesia yang banyak adalah para side giggers, yang biasanya memiliki satu pekerjaan tetap dan beberapa pekerjaan sampingan yang belum diseriusi benar. Hanya sekedar untuk menambah penghasilan kala gaji saja tidak cukup untuk menghidupi keluarga.

Pada kenyataannya, di Indonesia wajah baru dunia kerja masih akan belum tercapai dalam waktu dekat. Apalagi untuk generasi Y yang katanya pendobrak. Tidak semuanya dari generasi Y adalah pendobrak. Mungkin generasi setelah generasi Y yang akan benar-benar merubah wajah dunia kerja di Indonesia. Kapan? Entahlah.

Sumber Gambar

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s