Selamat Hari Pers Nasional


Jurnalis

Salah satu aspek pekerjaan saya sebagai seorang praktisi corporate communication adalah media relations. Dalam menjalankan ruang lingkup pekerjaan saya tersebut mengharuskan saya menjalin hubungan baik dengan para jurnalis, baik reporter maupun fotografer, mulai dari tingkat lapangan sampai kepada redaksi. Dari berbagai desk, utamanya desk ekonomi dan perbankan, desk metropolitan (karena kantor saya merupakan bank pembangunan daerah yang beroperasi di Jakarta), dan juga terkadang dengan desk hukum (jika kantor saya mengalami permasalahan hukum).

Dari para jurnalis saya banyak mendapatkan pelajaran, terutama dari para jurnalis dan redaksi senior-senior. Pelajaran-pelajaran yang saya dapatkan apalagi kalau bukan seputar strategi komunikasi dan cara menulis press release yang baik, menurut kaidah jurnalistik. Mereka dengan sangat baik hatinya mau berbagi ilmu kepada saya. Begitu juga dengan para fotografer senior. Dulu ketika saya masih aktif ditugaskan menjadi fotografer, saya sering diajari teknik-teknik dasar fotografi. Sayang, sekarang saya sudah jarang ditugaskan foto, karena sekarang lebih banyak ditugaskan untuk copywriting. Tapi saya pun tetap menjalin hubungan baik dengan para fotografer.

Tentang pers secara keseluruhan, saya memandang bahwa ada semacam penurunan kualitas dari para senior ke jurnalis-jurnalis junior sekarang. Bayangkan saja, masih ada jurnalis-jurnalis junior yang tidak mengerti dasar-dasar perbankan sama sekali. Sering salah menulis istilah perbankan, yang membuat saya harus mengajari terlebih dahulu mengenai perbankan. Saya tidak tahu, apakah ini karena persaingan yang semakin ketat diantara para pelaku industri media sehingga tidak memperhatikan kualitas rekrutmen jurnalis ataupun kurangnya pelatihan.

Satu catatan lainnya, adalah mengenai pemenuhan prinsip cover both side yang semakin terasa diabaikan, apalagi seputar pemberitaan negatif. Hal ini seringkali saya temui pada media online. Mungkin terjadi karena media online beradu cepat mempublikasikan sebuah berita yang paling update dan terkini. Belum lagi pemenuhan hak jawab yang susahnya setengah mati. Saya sampai-sampai harus mengingatkan kode etik jurnalistik kepada media-media tersebut.

Kritik ini tentunya saya sampaikan dengan tujuan membangun, untuk menjadikan pers nasional semakin baik kedepannya. Tentunya saya sebagai praktisi corporate communication senantiasa membutuhkan rekan-rekan pers sebagai mitra untuk menyampaikan perkembangan terkini dan sosialisasi mengenai kondisi perusahaan tempat saya bekerja kepada masyarakat.

Semoga pers nasional semakin maju dan terus berkembang kedepannya. Semoga pers nasional senantiasa menjadi agen of development untuk memberikan informasi kepada masyarakat, menjadi pengawas untuk setiap kebijakan publik, menjadi mitra yang baik untuk semua pihak. Selamat Hari Pers Nasional.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

 

Leave a Reply

