Sepele, Tapi Penting Untuk Blog Anda


Menulis

Terkadang saya suka melihat-lihat kembali artikel-artikel lama di blog saya. Tujuannya adalah untuk melihat-lihat apa yang kurang dalam blog saya. Dan memang, pada akhirnya, kenyataannya banyak sekali kekurangan yang saya temukan dalam artikel-artikel lama saya. Beberapa kekurangan tersebut mungkin bagi beberapa orang terlihat sepele. Tapi saya tidak memandangnya sepele. Apa saja yang sepele tapi penting bagi sebuah blog itu?

Typo

Typo atau salah ketik adalah kesalahan yang paling sering dilakukan oleh para penulis. Bahkan penulis terkenal yang telah populer tersebut juga ditemukan kesalahan sederhana ini. Typo atau salah ketik mungkin terlihatnya sepele, namun terasa sangat mengganggu. Bukan cuma menganggu sebenarnya, namun ternyata saya baca disebuah artikel, ada perusahaan bahkan negara yang pernah mengalami kerugian dalam jumlah yang tidak kecil hanya karena kesalahan ketik.

Missing Link

Missing link bisa saja terjadi karena link yang anda rujuk ternyata sudah didelete atau sudah berganti halaman url. Pastikan untuk mengecek link-link yang ada didalam artikel anda untuk meningkatkan kualitas kenyamanan para pembaca anda.

Update Link

Terkadang, ada artikel baru yang anda posting seringkali berkaitan dengan artikel sebelumnya. Untuk hal ini, saya seringkali melakukannya. Manfaat dari melakukan ini adalah tentu saja untuk meningkatkan jumlah view kepada blog anda.

Image/ Gambar

Selain link, terkadang gambar juga menjadi aspek yang saya perhatikan dalam penampilan blog ini. Terkadang gambar lama yang saya posting suka berubah ukuran. Hal ini terjadi karena perubahan tema blog yang kadang kita lakukan. Bahkan bisa jadi gambar yang anda posting di artikel lama suka hilang mendadak. Kalau yang ini saya tidak tahu penyebabnya. Ada yang bisa bantu?

Salah Informasi

Tak jarang, ada saja informasi yang salah yang diposting dalam artikel anda. Saya pernah melakukan hal ini. Kesalahan kecil yang terbilang fatal. Saya pernah menulis bahwa klub Benfica adalah klub yang berasal dari Turki padahal sebenarnya dari Portugal. Beruntung, Gan Gan Januar, Blogger yang sangat baik hati mengingatkannya kepada saya. Saya pun langsung merubahnya.

Kesalahan-kesalahan tersebut mungkin terlihat sederhana. Akan tetapi jika anda bersedia meluangkan waktu, blog anda akan semakin terlihat baik dimata para pembaca.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

 

 

Leave a Reply

