Menulis Untuk Memberikan Manfaat


Menulis

Sebaik-baiknya manusia adalah manusia yang memberikan manfaat. Semakin besar manfaat yang didapat dan semakin banyak jumlah orang yang menerima manfaat, tentu akan semakin baiklah peran anda dalam kehidupan. Bagaimana cara orang menyebarkan manfaat tentu saja bermacam-macam. Ada yang melalui aktivitas pekerjaannya, ada yang dengan cara memberikan sumbangan.

Sebagai blogger, anda berkesempatan untuk memberikan manfaat kepada orang lain melalui tulisan. Semakin banyak artikel yang anda tayangkan di blog anda, dan semakin banyak orang yang membaca tulisan anda, maka semakin besar manfaat anda di dunia sebagai blogger.

Manfaat itu bisa jadi untuk menghibur orang lain seperti apa yang saya, Nuel Andreas, Gan Gan Januar dan Michael Bliss coba lakukan dengan menerbitkan weblog Berbisik.net. Weblog Berbisik.net merupakan weblog yang menyajikan informasi dan opini-opini yang tujuannya adalah untuk menghibur dengan memandang berbagai peristiwa dari sudut pandang yang berbeda. Seperti apa yang kami coba bayangkan apa jadinya bila polisi-polisi yang berjasa dalam menumpas teroris bom sarinah dibuatkan film oleh industri film Hollywood, siapa kira-kira aktor Hollywood yang akan memerankannya.

Ataupun ketika saya dan sahabat-sahabat saya di Berbisik.net mencoba untuk mengajak bangsa ini tetap bersatu dan tidak mudah terpecah belah. Kami berempat di Berbisik.net memandang bahwa Raisa Andriyana dan Isyana Sarasvati punya peran yang krusial dalam menjaga persatuan Indonesia. Ya saya sih berharap bahwa tulisan-tulisan kami berempat di Berbisik.net dapat menghibur para pembacanya (yang masih sedikit jumlahnya itu).

Manfaat lain yang bisa anda sumbangkan adalah dengan berbagi pengetahuan dan ilmu yang anda miliki. Karenanya saya mengajak bagi para praktisi yang memiliki keahlian dibidang-bidang tertentu untuk berbagi melalui tulisan. Salah satu sahabat saya di kampus PPM Manajemen yakni Adrian Wijanarko yang dalam pandangan saya memiliki pengetahuan dan wawasan yang cemerlang di bidang keuangan, setelah menulis untuk blog ini, akhirnya tergerak untuk menulis di blognya sendiri yang ia beri nama insighteconomy.wordpress.com.

Melalui tulisan, anda pun bisa menginspirasi dan memotivasi pembaca anda untuk menuju kearah yang lebih baik. Anda tidak perlu menjadi motivator yang tampil di televisi. Melalui blog, anda bisa melakukannya. Tapi tentu saja, anda perlu ingat, bahwa sebagai blogger anda pun memiliki tanggung jawab moral terhadap para pembaca anda.

Jadi, tunggu apa lagi? Bagi anda yang tidak perduli dengan statistik jumlah view dan jumlah visitor blog anda, mungkin harus memperluas perspektif anda. Jumlah view dan jumlah visitor itu adalah manfaat nyata anda kepada dunia. Sebagai seorang penulis tentu saja.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

2 thoughts on “Menulis Untuk Memberikan Manfaat

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s