Etika Bertamu ke Kantor Orang


Business people shaking hands, finishing up a

Bertamu ke kantor orang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan bertamu ke tempat tetangga ataupun saudara. Namun sayangnya dalam beberapa kesempatan, saya menemui beberapa hal yang saya anggap mengganggu dan cenderung kurang pantas. Ada beberapa etika yang sebaiknya perlu diperhatikan dalam bertamu ke kantor orang. Apa saja?

Memberikan Kabar Terlebih Dahulu dan Mengatur Jadwal

Sebelum bertamu ke kantor orang, apalagi untuk pertemuan bisnis yang sifatnya penting, ada baiknya untuk dapat memberikan kabar terlebih dahulu kepada orang yang ingin kita temui ataupun kepada sekretarisnya. Sampaikan maksud dan tujuan anda dalam menyelenggarakan pertemuan tersebut agar orang yang ingin anda temui terinformasi dengan baik. Jika memungkinkan atur jadwal untuk pertemuan atau membuat appointment janji pertemuan.

Selalu Konfirmasi Kehadiran Anda dan Orang Yang Anda Temui

Jadwal pertemuan atau appointment yang sudah dibuat bukan berarti bisa menjadi patokan bahwa pertemuan bisa dilaksanakan. Tak menutup kemungkinan orang yang anda temui tidak bisa jadi bertemu karena adanya kesibukan lain, seperti dipanggil oleh pejabat yang lebih tinggi misalnya. Bahkan tak jarang, anda sendiri yang mengalami berbagai kendala dalam bertemu. Karenanya adanya baiknya untuk mengkonfirmasi apakah orang yang ingin anda temui bisa anda temui. Sampaikan dengan cara yang baik dan tidak menganggu kesibukannya.

Jangan Sampai Terlambat. Jika Anda Terlambat, Beri Informasi

Jika anda sudah dapat membuat jadwal bertemu, dan sudah memberikan konfirmasi, pastikan anda tidak datang terlambat dari jadwal yang sudah disepakati. Ini sangat penting untuk menunjukkan bahwa anda adalah orang yang profesional dan menepati waktu. Jika anda diluar dugaan anda, akan datang terlambat, pastikan untuk menyampaikan permohonan maaf dan memberikan informasi kapan anda datang. Jika anda mendengar adanya gelagat bahwa orang yang ingin anda temui bermaksud untuk membatalkan pertemuan, ada baiknya anda untuk melakukan konfirmasi ulang kapan pertemuan ulang dapat dilanjutkan.

Jaga Sopan Santun Ketika Bertamu Di kantor Orang

Selalu ingat untuk mengedepankan sopan santun ketika bertamu di kantor orang dengan bersikap secara profesional. Penampilan anda juga harus anda perhatikan. Jangan tampil seadanya, berpakaian yang rapih. Hal ini penting, selain untuk menunjang kredibilitas anda, juga untuk menjaga nama baik dari lembaga yang anda tampilkan.

 

Beberapa etika sederhana ini tetap harus anda perhatikan, sekalipun anda sudah mengenal dengan baik orang yang akan anda temui.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhruroji Hasan

Advertisements

7 thoughts on “Etika Bertamu ke Kantor Orang

  1. Saya jadi ingat Kang, pertama kali magang di Jakarta, waktu itu belum tahu sama sekali bagaimana sopan santun maupun budaya yang ada di kantor tersebut, jadi saya selalu berpakaian rapi, dan sangat menjaga sopan santun, namun beberapa kali juga melakukan kesalahan, namun itu menjadi pembelajaran. 😀

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s