Menjadikan Penulis Sebagai Sebuah Brand


Perspektif Logo

Sesekali ada yang bertanya kepada saya, kenapa blog ini dinamakan Perspektif. Blog ini meskipun memiliki alamat url dengan nama pribadi saya sebagai seorang penulis, tetapi blog ini kadung lebih dikenal sebagai perspektif.

Jawaban dari pertanyaan itu adalah saya tidak ingin terkenal sebagai penulis. Saya hanya ingin karya tulis saya saja yang terkenal. Kalaulah karena karya saya, saya ikut menjadi terkenal, itu hanyalah lebih kepada bonus semata. Sebutlah saya ini sok filosofis, aneh atau sok nyeleneh, sok nyeni.

Tapi ada tujuan jangka panjang yang saya ingin capai. Saya ingin suatu saat blog ini bisa menjadi besar, dalam artian suatu saat menjadi media mainstream. Blog Perspektif ini nantinya akan ditulis bukan hanya oleh seorang Fakhrurroji Hasan semata. Tapi oleh orang banyak. Dan tentu saja dibaca oleh orang banyak. Lengkap dengan banyak produk varian, jasa review, ebook yang bisa didownload dan lain sebagainya. Ini bagian dari perencanaan blog jangka panjang saya.

Ada juga yang bertanya kenapa tema blog saya gado-gado. Blog bertemakan gado-gado atau campuran memang sepintas lebih mudah daripada blog bertemakan khusus. Namun jika anda perhatikan bahwa sebenarnya tema-tema yang ada dalam blog perpsektif ini memiliki satu benang merah, yakni membangun profesionalisme dengan cara membagikan ilmu dan opini yang saya miliki. Semuanya berkaitan dengan dunia kerja dan dunia usaha.

Lalu ada juga yang bertanya kenapa saya masih menulis di blog orang lain dengan tema yang berbeda pula. Pertama tentu saja adalah untuk meningkatkan popularitas blog ini. Untuk saya bisa menyampaikan ilmu yang mudah-mudahan bermanfaat, maka keberadaan saya dan blog ini harus terlebih dahulu diketahui banyak orang.

Kedua adalah kenapa saya menulis dengan tema yang berbeda. Saya menulis di notaslimboy.com tema-tema yang berkaitan dengan politik dan kebijakan publik. Saya menulis di panditfootball dan tentu saja tema yang ditulis berkaitan dengan sepakbola. Tetapi, saya juga mencoba mengaitkan sepakbola dengan manajemen dunia bisnis dengan harapan bahwa kontribusi ilmu yang saya miliki bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk kemajuan sepakbola di Indonesia.

Berbisik

Yang terbaru adalah saya menulis di Berbisik.net sebagai projek saya bersama dengan Nuel Andreas, Gan Gan Januar dan kini Michael Bliss dengan tema yang lebih ringan.

Tujuannya adalah agar blog ini tetap dengan brand identitynya sebagai blog yang bertemakan seputar dunia usaha dan dunia kerja. Jadi kesimpulannya adalah saya ingin mengangkat diri saya bukan sebagai penulis, tetapi sebagai sebuah brand.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Leave a Reply

