Tentang Hati dan Pikiran


Hati dan Pikiran

Beberapa waktu yang lalu saya menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan sahabat lama saya Andri Firmansyah yang kini sudah bekerja di perusahaan lain. Selain membicarakan perkembangan terkini mengenai karir dan keluarga masing-masing, Andri juga menceritakan mengenai hati dan pikiran.

Sick heart corrupting free mind. Baginya, menjalani kehidupan adalah tentang hati, terutama bagaimana caranya agar menjaga agar hati kita tetap bersih. Karena kalau hati kita tetap bersih maka pikiran kita tetap bersih. Terkadang, pikiran kita terlalu dipenuhi dengan hukum sebab akibat, konsekuensi, dan berbagai cara pemikiran logis lainnya. Padahal dengan hati yang bersih, kita tidak perlu repot-repot melakukan itu.

Kita berdoa karena mendapatkan pahala, kita bekerja karena mendapatkan gaji, kita tidak selingkuh dari pasangan karena norma sosial melarang kita untuk melakukannya. Kita melakukan sesuatu karena mengharapkan sesuatu dan itu terjadi karena logika kita yang mengaturnya. Bahwa prilaku kita dikendalikan oleh norma yang berlaku dimasyarakat adalah suatu keniscayan yang seharusnya dilakukan.

Namun cara yang termudah adalah dengan menjaga hati kita agar tetap bersih. Mudah memang untuk mengatakannya, tetapi sulit untuk dilaksanakan. Sulit bagi anda untuk tetap bekerja disaat anda diperlakukan secara tidak adil misalnya. Logika anda mengatakan bahwa mungkin anda harus mencari pekerjaan yang baru. Tapi hanya hati anda yang bisa menjawab segala kegundahan yang ada dalam logika.

Hati dan logika dalam beberapa hal memang terkadang suka tidak sinkron. Tapi barangkali hati yang dekat dengan sang penciptalah yang mengetahui.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s