Apa Itu Talent Management?


talent management

Kenapa Cristiano Ronaldo disebut sebagai salah satu pesepakbola terhebat didunia? Kenapa Tom Hanks disebut sebagai salah satu aktor terbaik didunia? Pernahkah anda membayangkan bagaimana seandainya Tom Hanks menjadi pesepakbola dan Cristiano Ronaldo menjadi aktor film? Menurut anda, apakah Cristiano Ronaldo akan menjadi aktor terbaik didunia dan Tom Hanks akan memenangkan Balon D’Or?

Semua itu terjadi karena masing-masing orang memiliki bakat. Mereka disebut hebat karena memiliki kriteria yang berbeda-beda. Jadi bakat yang hebat, ditentukan oleh dunia yang berbeda-beda. Dalam dunia kerja, hal ini pun berlaku. Untuk industri mining, ada engineer, untuk industri perbankan ada profesi teller, financial analyst, loan officer dan lain sebagainya. Mengelola bakat-bakat yang ada dalam diri karyawan merupakan bagian yang sangat strategis untuk membantu perusahaan mencapai tujuannya.

Bicara mengenai talent, secara umum dapat dikategorikan menjadi 3 kelompok. Kelompok pertama adalah high potential. Kelompok ini adalah orang-orang yang memiliki kemampuan excellence dimanapun ia bekerja. Istilahnya adalah kacang hijau. Anda lemparkan si “kacang hijau” kemana saja, maka ia akan tumbuh dengan sempurna. Kelompok kedua adalah kelompok promotable, adalah kelompok orang-orang yang memiliki kemampuan excellence hanya di bidang yang menjadi keahliannya saja. Kelompok terakhir adalah kelompok expert resources yakni seseorang yang menjadi master disatu bidang saja dan bidang yang dikuasainya merupakan bidang yang sangat langka untuk bisa dikuasai oleh orang lain.

Karenanya kemudian kita mengenal konsep talent management yang dikembangkan oleh konsultan ternama di dunia Mckinsey sekitar tahun 2000an. Konsep ini kemudian diadopsi oleh berbagai perusahaan, tentunya dengan karakteristik dan penerapannya masing-masing. Ada yang memandang talent management sebagai sebuah sistem, ada yang memandang bahwa apapun yang dilakukan oleh unit kerja sumber daya manusia sebagai talent management, dan ada juga yang mengatakan bahwa talent management adalah tanggung jawab semua pihak yang terkait.

Definisi mengenai talent management pun begitu beragam. Tapi pada intinya, talent management berbicara mengenai bagaimana perusahaan mengenali (mengidentifikasi), menarik (attract), mengembangkan dan mempertahankan talent untuk membantu perusahaan agar dapat mencapai tujuannya.

Proses mengidentifikasi tentu saja harus dimulai dari memahami tujuan perusahaan, strategi perusahaan, strategi usaha dengan menangkap talent-talent apa yang dibutuhkan oleh perusahaan. Proses menarik talent ada dalam proses rekrutmen. Sedangkan proses pengembangan talent dilakukan dengan cara melakukan performance management, leadership development. Proses mempertahankan talent dilakukan dengan cara menerapkan career planning (perencanaan karir), meningkatkan employee enggagement dan memberikan kompensasi dan penghargaan.

Trend dari perkembangan talent management adalah tapping skill anywhere, anytime yakni mencari resource tidak hanya dari 1 sumber semata, tetapi dari banyak cara dan hal tersebut dapat dilakukan kapan saja. Salah satu perusahaan yang menerapkan dengan baik trend ini adalah Citi Indonesia dengan program internal mobility (semacam job offering) dimana setiap karyawan secara sukarela dapat melakukan apply untuk berbagai posisi yang ada yang tersedia.

Trend lainnya adalah rise of extended work force dimana perusahaan tidak lagi menganggap bahwa tenaga kerja yang mereka miliki bersumber dari internal, tetapi juga menganggap supplier dan mitra kerja sebagai work force mereka. Trend lainnya adalah reconfiguring the global talent landscape dan digital radically disrupt human resources.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Rangkuman dari presentasi Guest  Lecture kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia Magister Manajemen PPM Manajemen

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s