Ketika Benfica dan Emirates Memadukan Pramugari dan Stadion Sepakbola


Saya mendapatkan link video ini dari bung Gan Gan Januar. Dan kali pertama melihat video ini, saya tergeleng-geleng. Saya sampai tak habis pikir bagaimana bisa ide jenius seperti itu bisa muncul. Idenya sederhana, tapi begitu unik, dan karenanya saya harus angkat topi kepada siapapun yang membuat konsep video ini. Sebuah strategi pemasaran yang jempolan.

Video ini dibuat oleh Emirates Airways, dan mereka memaksimalkan partnership mereka dengan Benfica, salah satu kesebelasan sepakbola ternama dari Portugal. Videonya sederhana saja sebenarnya. Bagi anda yang sudah pernah naik pesawat terbang, tentunya pasti mengetahui salah satu prosedur yang harus dijalankan oleh pramugari, yakni memberikan panduan mengenai pesawat yang sedang dinaiki dan prosedur kesehatan. Naik pesawat terbang dari maskapai penerbang manapun, pramugarinya pasti akan melakukan ilustrasi dengan gaya yang sama.

Lalu kemudian apa jadinya jika para pramugari dari Emirates Airways memeragakan instruksi keselamatan tersebut di depan 65.000 pendukung Benfica di Estadio Da Luz, markas dari Benfica? Bukannya menjelaskan mengenai pesawat, para pramugari dari Emirates tersebut menjelaskan sekilas mengenai stadion, bahwa stadion ini memiliki 32 pintu, menjelaskan cara mendukung Benfica, bahkan termasuk menjelaskan tata cara menggunakan syal dan bagaimana cara merayakan ketika pemain Benfica mencetak gol.

Menarik sekali bukan? Alhasil, para penonton pendukung Benfica senyum-senyum karena menyaksikan pemandangan yang cukup unik dan mungkin saja berkesan. Kesan yang membuat Emirates berada di benak para pendukung Benfica. Emirates dengan cemerlang berhasil menjadikan diri mereka sebagai top of mind dari pendukung Benfica. Setidaknya untuk malam itu. Saya yakin, bahwa sebagian besar dari orang yang hadir dalam stadion itu pada hari itu, akan berbicara lebih banyak mengenai Emirates ketimbang Benfica itu sendiri.

Pemasaran yang dilakukan oleh Emirates tersebut benar-benar sangat bagus, unik dan menyentuh. Memadukan antara penerbangan dan sepakbola secara langsung di stadion. Benar-benar sebuah ide yang tak pernah terpikirkan. Video tersebut telah dilihat oleh jutaan orang, dan saya yakin minimal akan ada rasa kagum, atau sekurang-kurangnya menyunggingkan sedikit senyum.

Hal ini menjadi bukti sahih dari sekian banyak bukti sahih lainnya, bahwa olahraga sepakbola telah menjadi industri di Eropa dan menjadi magnet untuk industri lain untuk dapat “kecipratan rejeki” dari para penggila sepakbola. Hal ini juga menjadi bukti bahwa dengan kreativitas, sebuah ide yang sederhana bisa jadi begitu bermakna bagi kepentingan sebuah brand.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhruroji Hasan

Advertisements

2 thoughts on “Ketika Benfica dan Emirates Memadukan Pramugari dan Stadion Sepakbola

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s