Review Annual Report : Annual Report Aneka Tambang, Juara Umum ARA 2014


Cover Antam 2014

Aneka Tambang adalah perusahaan pertambangan yang terdiversifikasi dan terintegrasi secara vertikal yang berorientasi ekspor. Kegiatan usaha Aneka Tambang mencakup eksplorasi, penambangan, pengolahan serta pemasaran dari komoditas bijih nikel, feronike, emas, perak, bauksit dan batubara.

Dalam ajang Annual Report Award, Aneka Tambang adalah nama besar, bahkan salah satu yang terbaik. Antam tercatat 3 kali menjadi juara umum Annual Report Award, yakni pada ARA 2006, 2012 dan 2014. Antam juga tercatat menjadi 4 kali juara 1 ARA yakni pada kategori BUMN/BUMD Non Keuangan Listed 2004 & 2006, BUMN Non Keuangan Listed 2012 & 2014. Kalau tidak menjadi juara 1, sekurang-kurangnya Antam menjadi langganan 3 besar. Tercatat, Antam 8 kali berada di posisi 3 besar. Seperti apa Annual Report Antam tahun 2014?

Gambaran Umum AR Antam 2014

Annual Report Antam 2014 memiliki jumlah halaman sebanyak 443 halaman, terbilang sangat tebal untuk Annual Report. Meskipun memang masih banyak perusahaan yang menerbitkan Annual Report lebih tebal daripada Antam, seperti industri perbankan yang menjadi juara ARA, rata-rata menerbitkan Annual Report dengan jumlah halaman mencapai antara 300 sampai 500 halaman lebih. Perusahaan yang menerbitkan Annual Report lebih dari 300 halaman bisa dikatakan memiliki compliance yang tinggi terhadap mandatory disclosure serta memiliki tingkat voluntary disclosure yang tinggi. Tak terkecuali, Annual Report Antam. Annual Report Antam 2014 disajikan dalam 2 bahasa, yakni bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam satu buku.

Sistematika Penyusunan AR 2014

Dilihat dari daftar isi pada halaman 2, AR Antam 2014 dapat dikatakan menganut sistem one fits all, dalam artian semua daftar isi ditempatkan pada halaman paling depan. Cara seperti ini dapat dikatakan sudah tidak lagi menjadi trend, dimana kebanyakan perusahaan menyajikan informasi mengenai daftar isi pentingnya saja pada halaman depan, dan menyertakan lagi daftar isi pada setiap bab-bab yang dianggap penting.

Secara umum sistematika dari penyusunan AR Antam 2014 terbagi menjadi beberapa bagian utama, yakni tematik, sekilas Antam (informasi umum atau profil perusahaan), laporan Dewan Komisaris dan Laporan Direksi, Analis dan Pembahasan Manajemen (atas kinerja perusahaan), tata kelola perusahaan, dan tanggung jawab sosial perusahaan dan Laporan Keuangan Konsolidasian.

Cover Depan dan Tema AR 2014

AR Antam 2014 mengedepankan tema Satu Semangat Untuk Mengatasi Tantangan, yang mengindikasikan pesan komunikasi bahwa ditengah tantangan yang dihadapi, Antam tetap bertekad untuk mengatasi tantangan yang ada. Tema tersebut dikomunikasikan dengan cukup baik pada gambar cover depan yang menggambarkan sekumpulan karyawan yang melingkar difoto dari bawah dan bersama-sama sedang mengepalkan tangan. Kesamaan aktivitas karyawan menggambarkan satu dan tangan yang mengepal melambangkan semangat untuk mengatasi tantangan.

Kriteria ARA – Umum

AR Antam 2014 disajikan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dalam satu bahasa. AR Antam 2014 menyajikan informasi kinerja tahun 2014 dengan perbandingan tahun 2013. AR Antam 2014 juga dipublikasikan di website antam. Bahkan di website antam, Annual Report yang disediakan tidak hanya AR 2014, saja tetapi anda bisa mengunduh AR Antam hingga tahun 1998. AR Antam mencantumkan identitas perusahaan dengan jelas dimana nama perusahaan (bukan hanya sebatas logo) ditampilkan pada sampul muka, sampul belakang dan pada setiap halaman.

Kriteria ARA – Ikhtisar Data Keuangan Penting

Secara umum, AR Antam 2014 pada bab ikhtisar data keuangan penting menyajikan perbandingan kinerja keuangan hingga 10 tahun terakhir (padahal yang dipersyaratkan dalam ARA cuma 3 tahun terakhir). Hal ini menandakan bahwa perhatian Antam terhadap voluntary disclosure sangat tinggi. Selain itu, Antam juga menyebutkan tingkat kenaikan dan tingkat penurunan dalam persentase. Jarang sekali ada perusahaan yang menyampaikan penurunan kinerja. Hal ini menandakan bahwa keterbukaan informasi yang diterapkan sudah berjalan dengan baik.

Ikhtisar Data Keuangan Penting pada AR 2014 menampilkan seluruh informasi yang diwajibkan dalam kriteria ini yakni informasi hasil usaha perusahaan berupa penjualan atau pendapatan usaha, laba kotor, laba usaha, total laba komprehensif dan laba per saham dan juga informasi mengenai posisi keuangan perusahaan yang mencakup jumlah investasi pada entitas asosiasi, jumlah asset, liabilitas, ekuitas dan modal kerja bersih. Ikhtisar Data Keuangan Penting pada AR 2014 juga menampilkan 5 (lima) rasio keuangan yang umum dan relevan dengan industri perusahaan seperti rasio laba terhadap jumlah aktiva, rasio laba terhadap ekuitas, rasio lancar, rasio kewajiban terhadap ekuitas, rasio kewajiban terhadap jumlah aktiva, rasio kredit yang diberikan terhadap jumlah simpanan, dan juga rasio kecukupan modal.

Ikhtisar Data Keuangan Penting pada AR 2014 juga menampilkan seluruh informasi harga saham yang memuat jumlah saham yang beredar, kapitalisasi pasar, harga saham tertinggi, terendah, dan penutupan dan disajikan alam bentuk grafik serta tabel untuk setiap masa triwulan dalam 2 (dua) tahun buku terakhir (2013 dan 2014). Satu informasi yang luput disampaikan adalah nama Bursa dimana Efek Perusahaan diperdagangkan untuk setiap masa triwulan dalam 2 (dua) tahun buku terakhir. Untuk informasi mengenai obligasi, sukuk atau obligasi konversi yang masih beredar dalam 2 (dua) tahun buku terakhir, Antam menyampaikan informasi Jumlah obligasi/sukuk/obligasi konversi yang beredar (outstanding), tingkat bunga, tanggal jatuh tempo, peringkat Pefindo, namun tidak menyampaikan nama Bursa dimana Efek Perusahaan diperdagangkan. Kekurangan yang sangat minor ini relatif sangat disayangkan untuk nama besar seperti Antam di ajang Annual Report Awards.

Kriteria ARA – Laporan Dewan Komisaris dan Direksi

Laporan Dewan Komisaris yang disajikan pada AR Antam 2014 disajikan mencapai 20 halaman. Jumlah halaman yang terbilang cukup panjang untuk Laporan Dewan Komisaris. Namun pada prinsipnya, ini menandakan voluntary disclosure yang cukup baik pada Laporan Dewan Komisaris. Laporan Dewan Komisaris pada bagian awalnya langsung menjelaskan mengenai komposisi Dewan Komisaris. Sebuah pendekatan yang relatif berbeda dengan Annual Report dari perusahaan lainnya yang biasanya melaporkan terlebih dahulu pandangan Dewan Komisaris atas kinerja Direksi. Laporan Dewan Komisaris juga melaporkan penilaian atas kinerja komite, mekanisme pengawasan dan penasihatan Dewan Komisaris kepada Direksi. Untuk penilaian terhadap kinerja Direksi, Laporan Dewan Komisaris menyajikan disajikan dengan sangat runut lengkap dengan aspek-aspek apa saja yang dinilai.

Sedangkan untuk Laporan Direksi, disajikan dalam belasan halaman. Jumlah halaman pada Laporan Direksi yang lebih sedikit dibandingkan dengan Laporan Dewan Komisaris ini juga terbilang cukup unik. Meskipun memang, hal tersebut tidak berpengaruh signifikan terhadap penilaian ARA. Yang disampaikan dalam Laporan Direksi adalah analisis atas kinerja perusahaan, yang mencakup antara lain kebijakan strategis, meskipun memang tidak melaporkan perbandingan antara hasil yang dicapai dengan yang ditargetkan. Sementara Laporan Direksi tetap menampilkan analisis tentang prospek usaha, Penerapan tata kelola perusahaan dan perubahan komposisi anggota Direksi dan alasan perubahannya (jika ada).

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s