KFC, McDonald, A&W, Mainan Anak-Anak dan Strategi Promosi


McDonald Indonesia

Jika anda melihat dan memperbandingkan antara KFC, McDonald dengan AW besar kemungkinan anda dengan cepat langsung menyebutkan kesamaan dari masing-masing ketiga restoran tersebut. Sama-sama menyediakan ayam goreng tepung sebagai menu utama dan sama-sama restoran keluarga. Tapi, eit tunggu dulu, benarkah ketiga restoran tersebut merupakan sebuah restoran keluarga?

Anggaplah benar demikian, dan memang kenyataannya demikian. Tapi jika kita mengintip dari strategi promosinya dan beberapa aktivitas lainnya, kita bisa melihat bahwa ketiga restoran tersebut memiliki segmentasi konsumen yang agak berbeda-beda. Sebenarnya ketiga restoran tersebut menyasar semua segmentasi umur, dalam artian bukan hanya terbatas pada restoran keluarga.

Kita tahu bahwa McDonalds juga menyediakan outlet McCafee disejumlah outletnya. Kita tahu ketika mendengar kata kafe, identik sekali dengan segmentasi anak muda. McCafee diposisikan untuk bisa merangkul segmentasi anak muda yang senang hang out atau nongkrong, sembari tetap memakan menu utama dari McDonald. KFC sebenarnya setali tiga uang, juga mengincar segmentasi anak muda, jika dilihat dari pemilihan strategi promosi yang menggandeng sejumlah musisi dan memberikan cd music kepada para pelanggannya. Kita pun tahu bahwa musik juga identik dengan segmentasi anak muda. Sementara AW, sepengetahuan saya, tidak melakukan strategi promosi yang menonjol. Barangkali mereka mungkin tetap ingin beradu soal rasa saja.

Kembali ke stigma restoran keluarga, nampaknya stigma itu masih melekat kuat pada image KFC. Setidaknya dalam persepsi saya pribadi. Mungkin karena dulu sewaktu masih kecil saya sering diajak oleh orang tua saya makan di KFC ketimbang di McDonald. Sekalipun sudah ada CD musik gratis, saya akan selalu tetap menganggap KFC sebagai restoran keluarga ketimbang jadi tempat nongkrong. KFC adalah tempat untuk makan besar, sedangkan McDonald adalah tempat untuk nongkrong sembari ngemil burger.

Michael Bliss, seorang blogger yang juga merupakan  praktisi komunikasi di salah satu perusahaan FMCG menilai bahwa dilihat dari desain restorannya, McDonald menampilkan desain yang ‘lebih muda’ daripada KFC. Selain itu, kalau dlihat dari budget marketing juga, McDonald lebih berani dalam komunikasinya.

Kemudian pada segmentasi anak-anak sebagai pendorong keputusan membeli dari orang tua, saya melihat McDonald lebih serius dalam menggarap konsumen pada tingkat anak-anak. Hal ini bisa dilihat dari merchandise give away di McDonald yang lebih sering frekuensinya ketimbang KFC dan A&W. Hampir setiap ada event atau film-film (terutama film anak-anak) McDonald pasti akan mengeluarkan merchandise tematik terbaru. Hal ini tentu akan memang ada minusnya, yakni over stock inventory yang mungkin saja ada mainan yang tidak terdeliver karena sudah pergantian merchandise tematik yang baru. Permasalahan ini disiasati dengan menjual stock inventory tersebut sebagai collectible items. Keren bukan?

Lain halnya dengan KFC dan A&W yang terbilang agak jarang melakukan pergantian merchandise tematik. Sudah begitu stocknya pun jarang tersedia. Alhasil setiap kali makan di KFC, anak saya tidak mendapatkan merchandise dari KFC. Sedangkan kalau di McDonald, sangat jarang sekali setiap membeli Happy Meal tidak mendapatkan hadiah. Mungkin ini yang menjadi alasan setiap saya bertanya kepada anak saya mau makan dimana, ia akan menjawab : Mekdi.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhruroji Hasan

Advertisements

3 thoughts on “KFC, McDonald, A&W, Mainan Anak-Anak dan Strategi Promosi

  1. Setuju dengan analisanya. Kalau diliat dari desain resto, saya juga melihat McD memiliki desain yang ‘lebih muda’ daripada KFC. Selain itu, kalau dlihat dari budget marketing juga, menurut saya, McD lebih berani dalam komunikasinya.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s