Apa Saja Yang Dibutuhkan Pengunjung Website Pada Website Instansi Pemerintah?


Website 2

Tulisan ini terinspirasi dari permintaan blogger Ilham Taufiq yang memintakan saya mereview website dari instansi pemerintahan. Saya jadi bingung ketika dimintakan hal tersebut, karena dalam pandangan pribadi saya, sepintas saya belum menemui website pemerintahan yang benar-benar memukai diri saya. Tapi barangkali sebelum melakukan review, saya terlebih dahulu mengkaji kira-kira apa kriteria dari website instansi pemerintahan yang baik dan komunikatif, terutama dari sisi content. Tentu saja dengan menggunakan sudut pandang pribadi saya yakni apa saja yang dibutuhkan oleh pengunjung website dalam sebuah website intansi pemerintah?

Mencari Informasi

Sama seperti mengunjungi website perusahaan, tujuan dari pengunjung website yang mengunjungi website pemerintah adalah untuk mencari dan mendapatkan informasi. Informasi disini adalah informasi yang sifatnya spesifik tentu saja, dan seringkali bukan merupakan informasi yang mudah dicari ketika anda sedang browsing google. Informasi yang dimaksud seringkali berupa data-data publikasi statistik sesuai dengan bidang-bidang yang dilayani. Misalkan informasi pada Dinas Kependudukan, data yang ingin dicari pastinya tidak jauh-jauh seputar mengenai data kependudukan disuatu wilayah.

Informasi lainnya adalah mengenai produk-produk hukum atau kebijakan yang diterbitkan oleh pemerintah seperti Undang-Undang, Peraturan-Peraturan Daerah dan berbagai kebijakan lainnya. Bahkan informasi-informasi yang terkadang mungkin tidak penting bagi pengelola website, seringkali dianggap penting oleh pengunjung website, seperti misalnya nama pejabat daerah. Karena itu pengelola website instansi pemerintah perlu memastikan bahwa nama pejabat-pejabat yang dicantumkan dalam website adalah nama lengkap dan tidak ada salah penulisan.

Selain informasi-informasi tersebut diatas, yang juga dibutuhkan oleh pengunjung website instansi pemerintah adalah mengenai kejelasan prosedur pelayanan publik, seperti misalnya tata cara pembayaran pajak, pengurusan ijin usaha dan berbagai pelayanan publik lainnya. Banyaknya informasi yang simpang siur, menandakan bahwa sosialisasi yang dilakukan oleh beberapa instansi pemerintah masih perlu ditingkatkan. Salah satunya adalah dengan meningkatkan keterbukaan informasi yang disajikan dalam website instansi pemerintah.

Bahkan terkadang menampilkan informasi tentang value chain terkait seperti misalnya website pemerintah kota yang menampilkan pariwisata yang ada didalam wilayahnya, informasi mengenai pusat bisnis, ataupun kegiatan bisnis. Hal ini akan menjadikan website pemerintah kota sebagai referensi informasi yang lengkap.

Design dan layout yang ditampilkan pun ada baiknya mulai diperhatikan, agar dapat menarik minat para pengunjung website untuk betah dan nyaman didalam website tersebut. Masih banyak website instansi pemerintah yang dibuat seadanya dan yang penting ada.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s