Review Commercial Ads : TV Commercial Singapore Airlines


Mudah-mudahan anda masih ingat tv commercial ad dari Singapore Airlines. Pada akun Youtube resmi dari Singapore Airlines iklan tv tersebut diberi judul Across The World With The Singapore Girl dan dipublish pada 4 Februari 2011. Tapi seingat saya kalau tidak salah iklan ini tayang jauh sebelumnya. Satu hal yang pasti, iklan ini dianggap sebagai salah satu iklan komersial terbaik didunia. Kalaupun tidak ada yang mau mengakuinya, biarlah saya saja sendiri yang mengakui.

Iklan ini menceritakan tentang seorang pramugari yang keluar dari sebuah trem di sebuah kota (mungkin menggambarkan Amerika), bertemu dengan seorang wanita, memakaikan mantel, lalu kemudian berjalan ke tempat mirip-mirip dengan India. Menyapa seorang anak yang sedang berlari dihadapannya. Dari India ia kemudian tiba di sebuah kota berlatarkan suasana Eropa. Sembari berjalan, ia menghindarkan sepasang orang agak tua yang nyaris ditabrak sepeda. Ia kemudian membungkuk mengambil bunga dan tahu-tahu ia sudah berada di tepi sungai disebuah negara Asia dan membantu orang yang baru turun dari perahu kayu. Sepanjang perjalanan ia selalu tersenyum.

Konsep iklannya sendiri sangat bagus dan sangat luar biasa. Pesan komunikasi yang ingin disampaikan terdeliver dengan cara yang luar biasa apik. Pertama, tentu saja adalah menggambarkan kualitas pramugari Singapore Airlines yang selalu siap membantu para penumpang Singapore Airlines disetiap kesempatan. Jika anda perhatikan dalam iklan tersebut disetiap tempat yang pramugari tersebut kunjungi, ia selalu membantu setiap orang yang ia temui.

Kualitas lainnya adalah keramahan dari pramugari Singapore Airlines yang selalu tersenyum sepanjang jalan. Kita tahu bahwa senyum adalah elemen penting dalam kualitas pelayanan.

Kedua, pesan komunikasi yang ingin disampaikan adalah bahwa Air Asia melayani berbagai destinasi tujuan internasional. Lokasi shooting yang berada di San Fransisco, Amerika, lalu Jaisalmer, India, lalu Paris, Prancis dan terakhir Wu Zhen, China menggambarkan hal tersebut.

Iklan tersebut dibuat dengan shooting dan tentu saja teknik animasi dengan menggunakan green screen. Hal ini dapat anda lihat pada sebuah video yang juga bisa dilihat pada akun youtube Singapore Airlines yang menampilkan proses pembuatannya.

Satu hal lagi yang membuat iklan tersebut begitu menenangkan dan membuat nyaman ketika melihatnya adalah soundtrack lagu yang mengiringinya.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s