Review Video Company Profile : Video Profile Asiana Airlines & Etihad Airways


Video profile Asiana Airlines ini termasuk salah satu video company profile yang memiliki konsep yang hingga saat ini masih belum saya pahami secara utuh. Hingga saat ini saya belum bisa menemukan hubungan antara konsep tampilan ilustrasi pelayanan sebuah maskapai penerbangan dengan para penari balet yang dimunculkan beberapa kali dalam video company profile tersebut. Narasi penghubung yang muncul beberapa kali yang berkaitan dengan kata kecantikan pun tidak banyak membantu saya untuk memahami video company profile tersebut.

Begitu pula dengan pesan komunikasi yang dijejalkan begitu banyak. Video company profile ini bukan seperti company profile cetak yang divideokan. Keselamatan penumpang, memberikan kembali kepada komunitas, perusahaan yang memperhatikan etika bisnis dan moral, partisipasi CSR Asiana Airlines, sejarah Asiana Airlines, rute yang dilayani, upaya-upaya yang dilakukan dalam meningkatkan kualitas pelayanan, kualitas maintenance yang dilakukan, layanan yang diberikan kepada para penumpang, penghargaan-penghargaan yang berhasil didapatkan oleh Asiana Airlines, semuanya dijejalkan dalam satu video yang tidak jelas sistematika penyajian pesan komunikasinya.

Begitu banyaknya pesan komunikasinya yang dijejalkan tersebut, membuat durasi video company profile ini menjadi 4 : 39 menit. Dalam pandangan profesional saya, video company profile tersebut memiliki durasi yang terlalu lama. Idealnya, video company profile cukup sekitar 2,5 menit sampai dengan 3 menit.

Meskipun memang jika diperhatikan secara eksekusi audio videonya, video company profile Asiana Airlines ini merupakan video yang dieksekusi dengan baik dengan pengambilan gambar yang baik dan audio yang baik. Kualitas audio dan video yang baik ini mungkin menjadi faktor pengurang ketidaknyamanan dalam menyaksikan video company profile dengan durasi yang terlalu panjang.

Jika dibandingkan dengan video company profile lainnya, yakni video airline Etihad Airways, video profil dari Asiana Airlines dalam pandangan saya konsep video airline Etihad Airways memiliki konsep yang lebih jelas dan lebih sistematis sehingga mudah dalam memahami pesan komunikasi yang ingin disampaikan.

Etihad Airways menampilkan konsep komunikasi yang lebih jelas dengan mengusung konsep perspektif yang ingin disampaikan mengenai cara pandang Etihad Airways terhadap dunia. Narasi pengantar dalam video company profile Etihad Airways pun sangat baik dan sangat terencana dan terkonsep dengan baik dalam satu benang merah pencitraan yang ingin dibangun.

Dimulai dari penjelasan sejarah Etihad Airways yang dijelaskan dengan narasi yang sangat baik. Border are not longer barrier and challenging the status quo are the only way to growth. Batasan bukan lagi menjadi sebuah hambatan dan menantang status quo adalah satu-satunya cara untuk tumbuh. Etihad Airways juga mengemukakan bahwa mereka berada pada posisi yang tepat untuk menghubungkan dunia.

Dalam video tersebut, Etihad Airways juga mengemukakan sudut pandang yang berbeda dengan maskapai penerbangan lainnya. Etihad percaya untuk melihat segala sesuatu dengan sudut pandang yang berbeda. We don’t see passangers, we see guest. We don’t see the present, we see the future, we don’t see borders, we see connection. Itulah sebenarnya 3 pesan komunikasi utama yang ingin disampaikan dalam video company profile tersebut. Yang menakjubkan adalah pesan-pesan utama tersebut bisa berjalan selaras dengan pesan komunikasi lainnya seperti kualitas pelayanan yang diberikan kepada penumpang, rencana dan visi masa depan Etihad Airways.

Satu hal positif lainnya adalah tentu saja, video ini dieksekusi dengan baik pada aspek video dan audionya. Terutama pada audio pengantarnya yang masih ada nuansa timur tengahnya.

 

Colek Saya di @RojiHasan dan Fakhrurroji Hasan

Advertisements

3 thoughts on “Review Video Company Profile : Video Profile Asiana Airlines & Etihad Airways

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s