Tentang Jalan, Hidup dan Tujuan


Road

Jika anda berharap jalan yang akan anda lalui akan selalu lancar, maka barangkali anda sedang bermimpi disiang hari. Jalan yang akan anda hadapi mungkin saja berlubang, mungkin saja macet. Dan terkadang anda hanya memiliki jangka waktu tertentu untuk mencapai tujuan anda. Itulah realitanya.

Karena itulah menjadi penting bagi anda untuk setidaknya mengetahui kondisi jalan yang akan anda lintasi. Bagaimana keadaan jalanannya, seperti apa kondisi kemacetannya. Karena yang menggunakan jalan tentu bukan hanya anda sendiri. Anda juga perlu mengetahui beberapa rute alternatif jika seandainya jalan yang anda tempuh menghadapi kemacetan. Anda perlu tahu, bahwa perencanaan begitu penting. Tidak merencanakan sesuatu adalah merencanakan kegagalan, begitu kata orang bijak.

Memang perencanaan terkadang tidak selalu sesuai dengan kenyataan. Anda bisa disalip ditengah jalan, anda bisa ditabrak ditengah jalan. Kereta atau sarana transportasi umum yang anda tumpangi bisa saja mogok ditengah jalan. Atau bisa jadi ada pengalihan jalur. Ada perbaikan jalan. Ada demo. Berbagai kondisi eksternal yang terkadang bisa mengganggu kelancaran anda mencapai tujuan anda. Selalu ada variabel lain yang mungkin saja membuat perhitungan anda menjadi meleset. Sekalipun anda sudah merencanakan dengan sangat detail dan matang. Itulah makanya, terkadang anda perlu kesabaran atau fleksibilitas terhadap rencana anda.

Anda bisa sabar menunggu dan menanti ditengah kemacetan yang anda lalui. Atau anda bisa fleksibel terhadap rute jalur yang akan anda pergunakan ataupun moda transportasi yang anda naiki. Apapun itu, hal itu membuat pengetahuan dan wawasan anda bertambah. Kejadian yang terjadi di jalan sangat tidak bisa diprediksi. Dan itulah yang membuat anda semakin matang karena pengalaman yang bertambah. Makin banyak tantangan yang anda hadapi di jalan, makin banyak pengalaman anda.

Anda bisa dengan tenang menghadapi para pengguna jalan yang seenaknya menyalip sana menyalip sini bahkan cenderung membahayakan orang lain. Yang pasti, jika anda bijak, anda tidak akan jatuh ke prilaku serendah itu. Tidak. Anda tidak boleh menjadi serendah itu. Anda pun juga tidak boleh main hakim sendiri. Sekalipun mungkin para regulator jalanan itu tidak adil, yang pasti Allah itu Maha Adil dan Maha Mengetahui.

Jalan itu bernama hidup anda. Sama seperti ketika anda berkendara di jalan raya, akan ada banyak tantangan yang menghadapi anda. Tujuan itu mungkin saja pekerjaan impian, gaji dan fasilitas yang berlimpah, kesuksesan perusahaan yang anda dirikan, atau bahkan keluarga yang bahagia. Apapun itu, pastikan anda menjadi pengguna jalan yang baik.

Rencanakan dengan matang dan mendetail, perhatikan kondisi anda, bersabarlah. Tetapi juga, ketika memang diharuskan, fleksibellah dengan rencana kehidupan anda. Anda mungkin tidak akan pernah tahu apa yang akan terjadi selanjutnya. Tapi juga anda tidak akan pernah tahu jika anda melanjutkannya.

Selamat Tahun Baru 2016. Semoga kesuksesan selalu menyertai anda disetiap jalan yang anda pilih. Jalan yang membawa anda ke tujuan yang lebih baik.

Advertisements

3 thoughts on “Tentang Jalan, Hidup dan Tujuan

  1. Saya cenderung sering bilang ke orang-orang, bahwa jalan kita bukannya ‘mungkin’ akan banyak rintangannya, tapi ‘pasti’ akan banyak rintangan.

    Bahwa hidup selalu bergulir-gulir. Jika badai pasti berlalu, musim semi juga pasti akan pergi. Begitulah Allah mendesain kehidupan.

    Dengan begitu, kita akan selalu siap. Tidak mengeluh ketika badai tiba, tidak juga kelewat bahagia ketika musim semi menyapa.

    Karena itulah kita tidak diajari berdoa minta hidup enak. Kita hanya diajari minta jalan yang lurus. Pegangan yang kuat. Hanya menerima kesenangan tapi menolak kesusahan berarti kufur pada nikmat Tuhan. Keduanya nikmat, menurutku, tapi kita saja yang pendek akal memahaminya.

    Baikkah pemahaman semacam itu?

    Like

    1. Setuju sama bung Ical. Hidup pasti punya rintangan. Karenanya kita menyikapi nikmat dan cobaan harus dengan eling kepada Allah dan juga ingat kepada orang-orang disekeliling kita.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s