Michael Crichton. Penulis Novel Favorit Saya


Sphere

Novel adalah salah satu bagian dari produk budaya dan seni khususnya seni tulis menulis. Peradaban dunia telah menghasilkan penulis-penulis novel atau novelis terkemuka. Yang hampir menjadi novelis favorit semua orang adalah J.K Rowling yang menulis Harry Potter. Siapa yang tidak membaca Harry Potter? Atau sekurang-kurangnya siapa yang tidak pernah mendengar nama Harry Potter? Atau mungkin juga J.R.R Tolkien penulis Lord of The Rings dan The Hobbit? Pokoknya banyaklah penulis-penulis jempolan. Dari Indonesia? Banyak. Andrea Hirata, Dewi Lestari, Djenar Maesa Ayu dan lain sebagainya.

Tapi sebelum lebih lanjut, saya harus membuat sebuah pengakuan. Saya sangat jarang membaca novel. Itupun boleh pinjam dari istri saya. Ataupun teman saya. Tapi saya pun pernah menulis novel. Satu kali. Walaupun tidak laku-laku amat. Tetap saja menjadi sebuah pengalaman mengesankan ketika saya melihat buku novel dengan ada nama saya sedang dipegang-pegang orang di sebuah toko buku.

Walaupun bukan seorang pembaca novel sejati dan karenanya mungkin tidak terlalu layak untuk menulis artikel ini, saya pun punya penulis novel favorit. J.K Rowling siapa yang tidak menjadikan dirinya sebagai penulis favorit. Saya pun demikian. Saya pernah membaca buku Harry Potter walaupun terjemahannya. Bagi saya membaca novel terjemahan kurang sedap, karena tidak bisa merasakan langsung feel dari si penulis ketika sedang menulis.

Mau bilang J.R.R Tolkien juga tidak masuk akal, saya hanya menyaksikan Lord Of The Ring dan The Hobbit dari filmnya saja, bukan langsung dari bukunya. Andrea Hirata? Idem. Tahu Laskar Pelangi pun dari filmnya dan belum pernah hingga detik ini membaca bukunya secara langsung? Ada yang mau meminjamkannya kepada saya? Bicara soal penulis Indonesia, mungkin saya senang dengan lantunan kata yang dialunkan oleh Dewi Lestari dalam novelnya Supernova. Itu novel yang sangat mengalun dengan syahdu.

Tapi jika benar-benar ditanya dan harus jawab cuma satu, kemungkinan besar saya akan menjawab Michael Crichton. Jika anda tidak tahu siapa Michael Crichton itu, mungkin anda harus menyaksikan Jurassic Park dan The Lost World. Karena Michael Crichton adalah penulis kedua novel tersebut yang kemudian diangkat menjadi salah satu film terbaik yang dunia pernah saksikan. Tapi bukan karena Jurassic Park dan The Lost World saya mengagumi Michael Crichton. Saya mengagumi Michael Crichton karena karyanya yang berjudul The Sphere.

The Sphere adalah karya lain dari Michael Crichton yang juga ikut difilmkan. The sphere menceritakan interaksi sejumlah ilmuan di bawah laut yang berkomunikasi dengan bulatan sempurna dari luar angkasa yang berada didasar lautan. Filmnya sendiri diperankan oleh Dustin Hoffman, Sharon Stone dan Samuel L Jackson. Cadas. Bagaimana bisa Michael Crichton memikirkan itu? Walaupun memang saya cuma membaca terjemahannya saja (dan itupun juga boleh pinjam), harus saya akui saya terkesima dengan caranya merunutkan sebuah alur cerita, memasukkan beberapa inti konflik dalam sebuah cerita menjadi satu kesatuan yang padu menuju puncak konflik yang klimaks.

Lebih dari itu, saya sangat kagum dengan bagaimana penulis novel tersebut khususnya non fiksi membayangkan dunia yang begitu mengagumkan, tokoh-tokoh yang begitu menghanyutkan, bahasa-bahasa yang memikat. Imajinasi memang bisa membuat anda berada didunia lain.

6 thoughts on “Michael Crichton. Penulis Novel Favorit Saya

  1. Saya belum pernah baca bukunya, tapi sering lihat namanya di buku-buku sci-fi. Novel memang hasil budaya yang menakjubkan. Bisa menguatkan dan mengawetkan pesan dengan sangat luar biasa. Jadi pingin bisa nulis novel kayak Anda, Mas 🙂

    Like

Leave a Reply

